Blue Bird Adu Avanza dan Mobilio Jadi Taksi - Kompas.com

Blue Bird Adu Avanza dan Mobilio Jadi Taksi

Febri Ardani Saragih
Kompas.com - 20/06/2015, 14:42 WIB
Febri Ardani Honda Mobilio berpotensi sebagai kendaraan operasional perusahaan.

Jakarta, KompasOtomotif – Wacana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama tentang penggunaan taksi reguler jenis MPV di Ibu Kota, mendorong PT Blue Bird Tbk bergerak antisipatif. Menurut keterangan Teguh Wijayanto, Head Public Relation perusahaan berlogo “burung biru” itu saat ini tengah menguji Toyota Avanza dan Honda Mobilio.

“Sudah dua sampai tiga bulan, kita tes saja. Sekarang kan di Jakarta izin taksi cuma sedan nanti boleh jenis van atau MPV. Ini antisipasi ke situ,” ucap Teguh via telepon kepada KompasOtomotif, Sabtu (20/6/2015).

KompasOtomotif-Donny Salah satu varian Avanza versi Luxury

Selama ini Blue Bird sudah akrab dengan Avanza, pasalnya model ini telah digunakan untuk divisi Golden Bird yang beroperasi seperti mobil rental. Tapi Blue Bird sepertinya butuh waktu lebih lama untuk mengenal Mobilio, Teguh mengatakan model yang diluncurkan Honda Prospect Motor (HPM) pada 2013 lalu ini belum pernah digunakan perusahaan.

Sebagai angkutan umum tidak dalam trayek di Jakarta, perusahaan taksi butuh model yang punya kelebihan irit bahan bakar dan ketahanan. Selain itu, jelas Teguh, hal yang jadi bahan pertimbangan aman, nyaman, ketersediaan suku cadang, dan kemudahan perawatan. “Kita belum putuskan,” timpal Teguh.

Harga

Selain uji kualitas, salah satu yang jadi pertimbangan memilih Avanza atau Mobilo adalah harga beli. Biasanya, untuk penggunaan mobil “plat kuning” ada keuntungan pengurangan pajak yang berpengaruh pada harga. Namun hal ini akan dipertimbangkan kemudian, menunggu peraturan resmi dikeluarkan.

PenulisFebri Ardani Saragih
EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM