Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kebiasaan Pengendara Mobil yang Harus Dipahami ”Biker”

Kompas.com - 24/04/2015, 17:31 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Semakin susahnya mencari kondisi jalan yang nyaman dengan pengendara yang saling menghormati memicu KompasOtomotif merangkum berbagai kebiasaan biker dan sebaliknya, mobil, untuk mendapatkan empati.

Meski tak semua pengendara ugal-ugalan di jalan, namun ada baiknya kita berusaha berpikir positif dengan memahami apa yang menjadi kebiasaan para pengendara.

Setelah memahami bagaimana kebiasaan para biker untuk para penguna mobil, ini adalah kondisi sebaliknya, saat biker juga harus memahami kebiasaan dan kesulitan para pengemudi mobil. Berikut rangkumannya:

1. Pindah jalur tanpa tanda. Sering pengguna mobil tiba-tiba memotong jalan tanpa tanda. Mereka tak sadar, bodi besar akan sangat berbahaya jika ternyata ada sepeda motor di sampingnya yang harus dia potong. Sebaiknya waspada dan selalu jaga jarak, terutama saat melaju kencang.

2. Sengaja tidak memberi ruang. Saat berhenti di lampu merah, atau dalam kondisi macet, banyak mobil yang tidak tahu, atau pura-pura tidak tahu, kalau biasanya biker suka memanfaatkan ruang untuk mendahului. Tetap bersabar, jangan agresif, sambil mencari jalan lain yang aman.

3. Parkir ”memakan” badan jalan. Banyak mobil yang berhenti sembarangan, menimbulkan kemacetan yang sangat mengganggu.

4. Membuang sampah atau meludah dari dalam kabin. Banyak di kota besar pengemudi mobil yang tiba-tiba membuka kaca dan membuang sesuatu, yang tanpa sadar, mengenai biker atau pengendara lain.

5. Berbelok ”memotong”. Pahamilah bahwa mobil berbodi panjang, akan butuh ruang saat belok. Jika Anda berada di sampingnya, kemungkinan besar terserempet bagian belakang mobil, terutama saat mobil akan melakukan putar balik.

6. Tidak mengenal blind spot. Kadang pengendara mobil tak memahami jika ada sepeda motor di titik blind spot itu, lalu membuat manuver. Tetaplah berusaha untuk tidak berada dalam blind spot mobil jika memungkinkan.

7. Melaju kencang di jalan becek. Pengemudi mobil yang agresif tak akan menyadari, bahwa jalan becek kerap menjadi masalah untuk biker. Kadang cipratan air dari ban mobil tidak dirasakan pengemudi. Saat hujan, melajulah dengan hati-hati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com