Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pirelli Resmi Dikuasai BUMN China

Kompas.com - 24/03/2015, 10:00 WIB
Beijing, KompasOtomotif - China National Chemical Corp atau lebih dikenal dengan nama ChemChina, telah menandatangani kesepakatan untuk mengambil alih saham Pirelli Italia dengan nilai mencapai 7,7 milyar dollar AS.

ChemChina sebagai perusahaan negara, dilaporkan setuju untuk membeli saham Pirelli, dan kesepakatan kedua belah pihak sudah tercapai pada Minggu (22/3/2015). ChemChina akan membayar 15 Euro per lembar saham Pirelli, dengan total 7,1 milyar euro, atau sekitar 7,7 milyar dollar AS.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (24/3/2015), divisi ban ChemChina China National Tire & Rubber awalnya akan membentuk usaha patungan untuk mengakuisisi 26,2 persen saham milik Camfin sebagai perusahaan yang menguasai Pirelli. Usaha ini kemudian berlanjut untuk memperoleh sisa total saham Pirelli secara keseluruhan.

Posisi CEO Pirelli Tronchetti Provera akan tetap menjabat sebagai pejabat tinggi di perusahaan yang sudah berusia 143 tahun tersebut. Hanya saja pria 29 tahun itu akan diganti jabatannya dari CEO menjadi ketua.

Pembelian Pirelli ini akan memberikan keuntungan tinggi untuk perusahaan negara tersebut buat menguasai pasar ban premium. Pirelli, sementara itu, juga akan mendapatkan keuntungan dari eksposur yang lebih besar ke pasar China, sebagai pasar otomotif terbesar di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com