Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Mazda Melimpah di Eropa

Kompas.com - 04/07/2014, 19:41 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Munich, KompasOtomotif - Mazda berharap mampu melampaui target penjualan di Eropa, pada 2014. Optimisme merek dari Jepang ini memuncak berkat model andalan, CX-5 dan Mazda3 hatchback yang terus menunjukkan besarnya peminat.

Hasil penjualan dalam lima bulan pertama 2014 naik 24 persen dibandingkan periode sama sebelumnya. Jeff Guyton, Kelapa Operasional Mazda Eropa mengatakan, hasil ini sama dengan tujuh kali lipat dari target perusahaan yang hanya menetapkan target pertumbuhan 7 persen, hingga 170.000 unit.

Tahun lalu, Mazda juga memperoleh hasil menggembirakan dengan pertumbuhan penjualan 18 persen. Menariknya, hasil ini diperoleh ketika kondisi pasar Eropa justru lagi menciut 2 persen. Tahun ini, pasar mobil di Eropa diharapkan mulai pulih setelah dua dekade terus merosot, akibat pengaruh resesi ekonomi.

Guyton percaya, pasar mobil Eropa akan tumbuh 3 persen tahun ini. "Industri sudah menyentuh level terdasar, dan kami berharap mulai tahun depan dan seterusnya pertumbuhan bisa lebih terjaga," lanjut Guyton.

Persaingan
Guyton berharap Mazda6 yang bersaing dengan VW Passat bisa lebih baik dalam menopang penjualan perusahaan. Pasalnya, dua model terlaris di Eropa masih didominasi oleh CX-5 dan Mazda3.

Penjualan Mazda periode Januari-Mei 2014, naik 25 persen menjadi 76.956 unit. Pertumbuhan penjualan yang jauh lebih baik di atas rata-rata industri, cuma 7 persen. Pangsa pasar Mazda juga naik menjadi 1,4 persen dibandingkan periode sama tahun lalu, cuma 1,2 persen.

Penjualan CX-5 naik 38 persen menjadi 25.444 unit, sementara Mazda3 terjual 20.251 unit, dan Mazda6 14.691 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com