Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2016, Semua Model Mazda di Indonesia Berteknologi Skyactiv

Kompas.com - 25/06/2014, 08:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Surabaya, KompasOtomotif – Inovasi baru Mazda Motor Corporation bersama teknologi Skyactiv belum selesai. Targetnya, keberhasilan yang dicapai sekarang akan terus ditingkatkan. Dijelaskan, 80 persen kendaraan yang dipasarkan pada 2016 bersumber dari Skyactiv. Hal ini menimbulkan pertanyaan, apakah Mazda Motor Indonesia (MMI) juga akan menerapkan hal yang sama?

Hingga kini MMI memiliki sembilan model yang dipasarkan di dalam negeri. Saat ini baru Mazda6, CX-5, dan Biante yang menggunakan mesin Skyactiv. Sisanya, Mazda2, Mazda8, CX-9 GT, MX-5, BT 50, dan VX-1, masih mengadopsi mesin “konvensional”.

“Bisa saja, mungkin Indonesia malah mendapatkan semua (model) Skyactiv,” ucap Astrid Ariani Wijana, Senior Manajer Pemasaran Mazda Motor Indonesia (MMI), di Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (23/5/2014). Tapi yang jelas, tidak akan dimulai dalam jangka waktu dekat. MMI telah mengatakan, tidak berencana menawarkan model baru pada 2014.

Astrid menambahkan, sisa 20 persen -selain Skyactiv- adalah model hibdrida dan listrik. “Dengan mesin Skyactiv kami memaksimalkan mesin konvensional tapi bisa mendapatkan hasil keiritan yang mendekati hibrida. Mesin listrik juga salah satu pilihan yang ada tapi untuk Indonesia sepertinya masih belum bisa jalan,” tambahnya lagi.

Ada satu hal yang juga disoroti, tentang mesin Skyactiv jenis diesel. Sama seperti hibrida dan listrik, yang satu ini juga butuh banyak kesiapan. “Saat ini kami kembalikan ke pemerintah, bahan bakar diesel kita belum cocok untuk Skyactiv karena masih EURO2 sedangkan Skyactiv butuh EURO4 atau 5,” tutup Astrid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com