Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda2 Rotary-Hibrida Menuju Produksi

Kompas.com - 01/07/2014, 10:24 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sydney, KompasOtomotif - Mazda memberikan secercah harapan buat mesin rotary Wankel kembali melegenda. Formula baru yang dikembangkan di Mazda2 RE (Rotary Engine) Range Extender yang mengombinasikan mesin rotary 330 cc dan sistem hibrida (motor listrik 101 PS untuk baterai lithium-ion 20 kWh), akan menjadi model produksi.

Hal ini terungkap dari pernyataan Managing Director Mazda Australia Martin Benders yang mengatakan, Mazda2 rotary-hibrida akan dipasarkan di negara yang memiliki kebijakan lengkap subsidi buat kendaraan ramah lingkungan. Dijelaskan, salah satu kandidat negara kuat itu adalah Jepang dan Amerika Serikat.

“Pasar satu-satunya yang bisa meyakinkan membawa sesuatu seperti ini keluar, setidaknya mendapatkan volume yang masuk akal untuk menentukan apakah model bisa dijual, adalah dimana pemerintah mendukung tipe model seperti ini,” ucap Benders kepada Motoring, Senin (30/6/2014).

Mazda2 RE Range Extender sudah diperkenalkan tahun lalu di Jepang. Mesin rotary diletakan di bagian belakang, kini butuh tiga mounting agar menghilangkan efek getaran vertikal. Sekarang, suara yang dihasilkan jauh lebih baik. 

Kemampuan efisiensi bahan bakar lebih baik dibanding Mazda2 versi electric vehicle (EV) yang bisa menjelajah 200 km mengandalkan tenaga listrik. RE Range Extender mampu berjalan dua kali lipat jarak tempuh dengan mengandalkan satu tangki bahan bakar terisi penuh. Pilihan bahan bakar yang bisa digunakan, bensin, butane, ataupun propane.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com