Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renault-Nissan Berkoar Masuk Tiga Besar Dunia

Kompas.com - 03/06/2014, 08:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Paris, KompasOtomotif - Aliansi perusahaan Perancis dan Jepang, Renault-Nissan berambisi masuk dalam jajaran tiga besar produsen otomotif global, menggeser antara Toyota, Volkswagen, atau General Motors. Target ini ditetapkan bisa dicapai perusahaan paling cepat 2020.

Ambisi ini disampaikan langsung oleh Chief Executive Officer Renault-Nissan, Carlos Ghosn, dalam rapat umum pemegang saham tahunan di Paris, April lalu. Lantas bagaimana cara orang nomor satu ini mewujudkan impianya itu?

Ghosn banyak mengandalkan kembali meningkatnya penjualan Renault. Beberapa model kunci akan mengalami pembaruan dalam tiga tahun mendatang. Selain itu, pertumbuhan penjualan di China dan Rusia akan membantunya mengejar target tiga besar. Aliansi Renault-Nissan saat ini tengah memasuki etape "akselerasi", dan Ghosn kembali didapuk sebagai pemimpin perusahaan sampai 2018.

Tumbuh
Penjualan global Renault-Nissan naik 2 persen mencapai rekor baru 8,26 juta unit pada 2013. Artinya, untuk masuk dalam jajaran tiga besar produsen otomotif global, seperti Toyota, Volkswagen, atau GM masih jauh jalan yang harus ditempuh. Ketiga produsen itu menargetkan penjualan di atas 10 juta unit tahun ini.

"Masuk dalam jajaran tiga besar pada 2020 masih masuk akal. Lihat saja Volkswagen, siapa yang sebelumnya mengira posisi mereka sekarang, 10 tahun yang lalu?" tukas Rabih Freiha, analis dari Exane BNP Paribas, dilansir Autonews Europe, (2/6/2014).

Nissan, jelasnya, saat ini terus menambah kapasitasnya, akan ikut menopang volume penjualan dan ekspansi Infiniti diprediksi akan positif. "Sebagai satu grup, mereka akan mencapai level tertentu yang bisa membuat mereka berkompetisi dengan tiga besar. Tapi, apakah nanti bisa masuk ke level itu, sebenarnya bukan prioritas utama, karena yang paling penting itu keuntungan bukan volume penjualan," beber Freiha.

Ian Fletcher, analis dari IHS Automotive, mengatakan, Renault-Nissan akan semakin percaya diri bersaing dengan rival dalam lima tahun mendatang. Prediksi penjualan mereka ditaksir bakal lebih cepat ketimbang GM atau Toyota. IHS Automotive memprediksi total penjualan Renault-Nissan akan mencapai 9,47 juta unit pada 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com