Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Toyota Indonesia Pertahankan Ekspor dari Thailand

Kompas.com - 02/06/2014, 13:53 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Desakan Toyota Thailand meminta kembali jatah ekspor dari Indonesia, ditanggapi dingin jajaran eksekutif PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Mereka bahkan belum mau terbuka soal rencana ini ke publik umum.

Tapi, daripada memikirkan rencana relokasi ekspor kembali ke Thailand, I Made Dana Tangkas, Direktur TMMIN, mau menjelaskan apa saja yang harus dilakukan Indonesia supaya tetap menjadi basis ekspor Toyota dari Asia Tenggara. "Paling penting adalah punya daya saing yang tinggi," tukas Made kepada KompasOtomotif, Senin (2/6/2014).

Dijelaskan, menaikkan daya saing bisa dilakukan dengan mempertahankan kualitas sesuai standar global Toyota. Mampu menciptakan produk sesuai dengan keinginan konsumen di lokasi negara tujuan ekspor. "Dari segi harga dan ongkos produksi juga wajib bisa bersaing dengan negara lain, dan terpenting jadwal pengiriman produk harus sesuai jadwal," beber Made.

Untuk melakukan ini, Toyota Indonesia butuh sokongan penuh dari pemerntah untuk ikut bersama meningkatkan daya saing. Misalnya dengan ketersediaan infrastruktur dan kebijakan yang mampu membuat biaya produksi lebih turun.

"Kalau ini suda bisa dilakukan, kita bisa mengalahkan Thailand baik dari segi kinerja ekspor nasional, maupun Toyota. Hal ini akan membuat kita tetap berkelanjutan dan berkembang terus," tutup Made.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com