Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Mobil Teraman Versi Lembaga Keselamatan AS

Kompas.com - 12/05/2014, 12:54 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Arlington, KompasOtomotif - Hyundai Genesis model 2015 berhasil meraih predikat teraman dengan nilai "Top Safety Pic +", dari Lembaga Asuransi Keselamatan Jalan (IIHS), di Amerika Serikat (AS). Lembaga non profit ini menilai kalau sedan mewah itu berhasil memperoleh nilai tes tabrak depan terbaik.

Selain itu, produk asal Korea Selatan itu juga dinilai apik dalam pencegahan terjadinya tabrakan dari depan. Nilai "baik" diperoleh dari evaluasi hasil tabrakan depan, samping, kekuatan atap, dan penyangga kepala.

"Pengharaan ini diberikan pada mobil yang punya tingkat keselamatan terbaik. Genesis baru bukan cuma bisa melindungi dari kecelakaan yang sudah terjadi, tetapi opsi sistem pengereman otomatis sangat baik dalam pengujian kami. Mobil ini mampu mengindari pengemudi dari potensi kecelakaan yang sering terjadi," jelas Adrian Lund, Presiden IIHS, dilansir Inautonews (11/5/2014).

Minim
Dalam hasi pengujian, potensi cedera korban yang ada pada boneka di balik kemudi terbilang minim. Kontak boneka cukup baik dengan kantong udara depan yang tetap di posisinya ketika terjadi tabrakan. Kantong udara jendela juga berhasil melindungi kepala dan korban dari kontak di pinggir kendaraan.

Pengetesan dilakukan dengan menabrakkan bagian sisi pengemudi dengan rintangan keras dalam kecepatan 40 mph (64,3 kpj). Ini terjadi ketika ujung sisi mobil menabrak dengan kendaraan lawan arah atau benda lain, seperti pohon atau tiang.

Sistem pengereman darurat juga dites ddalam kecepatan 12 mph (19,3 kpj) dan 25 mph 940,2 kpj) dan berhasil menghindari terjadinya kecelakaan dari depan.

Hyundai membekali Genesis dengan serangkaian kelengkapan keselamatan, mulai dari Automatic Emergency Braking, Lane Departure Warning, dan Lane Keep Assist. Sedan ini dibekali tenaga 311 PS dan tori 397 Nm, dari mesin 3.8 liter Lambda. Juga ada pilihan mesin V8, 5.0L yang menawarkan 420 PS dan torsi 519 Nm. Keduanya dirangkai dengan sistem transmisi 8-percepatan otomatis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com