Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Sepeda Motor Honda Drop

Kompas.com - 30/01/2013, 09:09 WIB

Tokyo, KompasOtomotif -Honda Motor Company mengumumkan bahwa total penjualan sepeda motor di pasar global drop 5 persen sepanjang 2012. Kendati berbagai model baru sudah diluncurkan, belum bisa mendongkrak  penjualan.  Hal ini dipicu oleh kondisi pasar di Asia yang menjadi kontribusi terbesarnya. Sepanjang tiga kuartal terakhir tahun lalu, penjualan di Asia terus menukik.

Kondisi diperparah, pasar di Amerika Selatan juga turun sampai 14 persen di Amerika Selatan,  diikuti Asia  drop 5 persen dan China (minus 1 persen). Sementara di Jepang sendiri,  penjualan Honda naik 1 persen, bahkan Eropa melesat 22 persen dan Amerika Utara 25 persen, tetap tidak membantu hasil rapor akhir jadi biru.

Masalahnya, penurunan pasar terjadi di lokasi-lokasi kunci dan volume besar, sehingga total penjualan Honda jadi negatif. Tahun ini, diharapkan kondisi bisa lebih baik menyusul situasi pasar di Eropa dan Amerika Utara yang semakin menjanjikan. Sayang Honda belum mau menyebutkan target penjualnnya tahun ini, cuma berharap kondisi bisa lebih baik dan persaingan semakin menarik di pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com