Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih, Senjata Baru Yamaha untuk Moge

Kompas.com - 03/10/2012, 16:39 WIB

Cologne, KompasOtomotif - Yamaha mengumumkan tengah mengembangkan mesin baru tiga silinder menggunakan crossplane crankshaft (kruk as aau poros engkol menyilang) seperti yang digunakan oleh Jorge Lorenzo, YZR-M1 di ajang MotoGP dan YZF-R1 di ajang superbike. Merek garputala mengaku mesin ini menjadi kunci masa depan perusahaan di dunia industri sepeda motor masa mendatang.

Mesin ini dipamerkan di pameran industri sepeda motor di Cologne, Jerman yang masih berlangsung saat ini. Presentasinya unik, seperti mesin yang tertanam pada sepeda motor bergaya sport dengan bodi transparan. Motor itu juga dilengkapi dengan dua ban lebar ukuran 17 inchi, garpu depan dari USD dan kaliper rem radial.

Bagian kopling dan tutup generatornya menggunakan punya R1. Disamping unit pamer, juga ada mesin R1 lawas 4-silinder, diletakkan untuk membandingkan dengan mesin baru yang sudah 3-silinder.

Dengan mesin baru ini, Yamaha sepertinya mau membidik kesuksesan yang berhasil ditorehkan Triumph Daytona 675m Street Triple, MV Agusta F3, Brutale F3 yang juga punya mesin 3-silinder.

Meski belum ada informasi resmi dari Yamaha, kemungkinan besar motor ini dibekali mesin 750 cc. Cukup masuk akal mengingat penjelasan Yamaha, mesin baru ini dikembangkan dari platform R1. Meski belum memilih nama, tapi motor baru Yamaha ini akan mengisi segmen yang kosong di antara R6 dan R1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com