Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih, SUV Maserati Bakal "Nampang" di Frankfurt

Kompas.com - 08/08/2011, 08:50 WIB

ITALIA, KOMPAS.com — Produsen mobil sport asal Bologna (Italia), Maserati, akan membuat gebrakan di Frankfurt Auto Show, September ini. Mereka sudah menyiapkan beberapa mobil baru yang sedikit melenceng dari kiblatnya, di antaranya model sport utility vehicle (SUV) dan sedan entry-level untuk menyaingi Audi A6 dan BMW Seri-5.

CEO FIAT dan Chrysler Sergio Marchionne yang juga bos Maserati punya satu ambisi besar. Sebelum dia mundur—diperkirakan 5 tahun lagi—Maserati akan menjadi bagian dari warisannya. Makanya, ia coba melahirkan produk yang tentu asing bagi Maserati, yang selama ini identik dengan sportcar mewah.

Dari kedua produk, Maserati lebih mengedepankan SUV untuk dipublikasikan. Dikabarkan, sasis dari SUV ini kemungkinan dari Jeep Grand Cherokee.

Sebenarnya, niat Maserati membuat kendaraan SUV sudah ada cukup lama. Bahkan konsepnya pernah ditampilkan pada 2003 dan diberi nama "Kubang". Namun, setelah itu tak ada lagi kelanjutannya. Nah, sekarang ketika sejumlah produsen membuat crossover, Maserati coba membangkitkan lagi Kubang-nya.

Untuk mesin, tampaknya Maserati tak akan memasok SUV dengan V6 3,0 liter turbocharged sebagaimana diisukan. Justru jantung pacu yang dipakai dari saudaranya, Jeep Grand Cherokee, berkapasitas 6,4 liter HEMI V8, ketimbang pakai mesin Ferrari yang tidak benar-benar tersedia.

Selain versi bensin, SUV ini juga akan tampil menggunakan mesin diesel berkonfigurasi V6. Produksi SUV diesel kemungkinan berlangsung pada 2013, setahun setelah versi bensin (2012).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com