Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuih, Konsumsi BBM Mazda2 Bisa 30 Km Per Liter

Kompas.com - 20/10/2010, 14:59 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Mazda Motor Corporation mengatakan bahwa hatchback kecil Mazda2 akan memiliki konsumsi bahan bakar 30 km/liter tanpa bantuan motor listrik sedikit pun. Generasi terbaru mobil mungil ini rencananya akan meluncur awal 2011 dan menjadi produk Mazda pertama yang dilengkapi mesin dan transmisi generasi baru yang dinamai SKYACTIV.

Saat ini, Mazda tengah berusaha untuk menurunkan tingkat konsumsi bahan bakar produk-produknya hingga 30 persen pada 2015—dibanding 2008—tanpa menggunakan teknologi hibrida. "Kami akan meluncurkan mobil dengan teknologi SKYACTIV secara global pada 2012," ujar Takashi Yamanouchi, CEO Mazda Motor Corporation (MMC) pada konferensi pers yang berlangsung Selasa (19/10/2010) di Jepang.

"Kami janji akan menawarkan Demio (Mazda2) dengan harga yang lebih murah dibandingkan mobil hibrida di kelas yang sama," ujar Yamanouchi. Semua ini bisa didapat berkat keunggulan rekayasa teknologi mesin konvensional dan pemangkasan bobot yang dimiliki Mazda.

Pihak MMC mengatakan bahwa mesin bensin berteknologi injeksi langsung terbarunya mendapat keuntungan berkat rasio kompresi yang mencapai 14,0 : 1 dan menjadi yang tertinggi di dunia untuk mesin produksi massal saat ini. Hasilnya, konsumsi bahan bakar 15 persen lebih rendah, dan torsinya meningkat 15 persen lebih tinggi.

Yamanouchi juga menambahkan bahwa Mazda berencana menjadikan teknologi ini sebagai dasar pengembangan mobil hibrida, hibrida plug-in, dan mobil listrik pada masa yang akan datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com