Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
GP Australia

Stoner Tak Ada Lawan, Rossi Mengesankan

Kompas.com - 17/10/2010, 12:42 WIB

PHILLIP ISLAND, Kompas.com — Casey Stoner tampil sangat dominan di Phillip Island, yang merupakan "rumahnya". Pada balapan 27 lap, Minggu (17/10/2010), pebalap Ducati tersebut nyaris tak mendapat perlawanan dari para rivalnya karena dia jauh memimpin sejak awal lomba. Posisi dua ditempati sang juara dunia, Jorge Lorenzo.

Penampilan menghibur dan mengesankan ditunjukkan Valentino Rossi, yang start dari posis delapan. Juara dunia tujuh kali kelas premier tersebut bertarung ketat dengan Nicky Hayden dan dia akhirnya jadi pemenang untuk naik podium ketiga.

Dengan kemenangan ini, Stoner, yang meraih empat kemenangan beruntun di GP Australia, naik ke peringkat ketiga klasemen sementara dengan koleksi 205 poin. Dia melewati Rossi, yang turun satu strip dengan raihan 194 poin. Adapun Lorenzo kian kokoh dengan raihan 333 poin.

Jalannya balapan

Stoner melakukan start dengan sangat sempurna. Peraih pole position ini berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin, disusul Lorenzo. Sedangkan Ben Spies, yang start dari posisi ketiga, melorot ke urutan ke-6 setelah mendapat desakan dari Marco Simoncelli, Hayden, dan Andrea Dovizioso (tapi setelah itu, Dovi mengalami gangguan pada stang motor sehingga dia keluar dari arena balapan). Padahal, saat start Spies sangat agresif sehingga nyaris melewati Lorenzo.

Memasuki lap kedua, Stoner nyaris tak terkejar lagi. Juara dunia 2007 tersebut sudah membuat gap 1,503 detik dengan Lorenzo. Sementara itu, Rossi, yang start dari urutan ke-8 juga sudah menyodok ke urutan kelima.

Spies juga terus tampil agresif sehingga hanya perlu empat lap bagi pebalap Tech 3 Yamaha ini untuk kembali ke posisinya saat start, yaitu peringkat ketiga, dengan melewati Simoncelli dan Hayden. Tak lama berselang, Rossi pun melewati Simoncelli.

Duel memperebutkan posisi ketiga menjadi sangat seru, sedangkan Stoner dan Lorenzo sudah nyaman dengan posisinya masing-masing, di urutan pertama dan kedua, dengan gap lebih dari 3,5 detik.

Pada lap ketujuh, Rossi melakukan aksi spektakuler. "The Doctor" langsung melibas dua pebalap sekaligus, yaitu Hayden dan Spies, untuk menempati peringkat ketiga. Saat itu pula, Spies melorot tiga strip dan berada di belakang Simoncelli.

Saat balapan tersisa 10 lap lagi, semakin jelas terlihat Stoner bakal menjadi pemenang dan Lorenzo runner-up. Jarak yang mereka ciptakan dengan para pesaingnya sudah terlalu jauh, di mana Stoner unggul lebih dari 5 detik dari Lorenzo, sedangkan pebalap Fiat Yamaha ini membuat gap dengan rekan setimnya, Rossi, lebih dari 10 detik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com