Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuih... Harga SLS AMG Setara 6 Toyota Crown Menteri

Kompas.com - 16/06/2010, 15:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Mau tahu berapa harga Mercedes SLS AMG yang kedatangannya di Bandara Soekarno-Hatta sempat terekam kamera beberapa waktu lalu? Akhirnya, PT Mercedes-Benz Indonesia atau MBI mengumumkan harganya, Rp 4,7 miliar on the road untuk Jakarta di kantor pusatnya, Rabu (16/6/2010).

Sedan sport berjuluk Gullwing ini merupakan reinkarnasi Mercedes-Benz 300 SL Gullwing era 1950. SLS AMG dimodali mesin M159 AMG berkapasitas 6.300 cc V8. Tenaga yang dihasilkan 571 PS pada 6.800 rpm dan torsi 650 Nm pada 4.750 rpm.

Kemampuan akselerasinya mengesankan, 0-100 km/jam dalam 3,8 detik. Kecepatan maksimum sampai 317 km/jam. Namun, "prestasi" ini belum tentu bisa diterapkan di Indonesia, di jalan tol sekalipun.

Rudi Borgeinheimer, Presiden Direktur dan CEO MBI, mengatakan, SLS AMG akan tampil perdana untuk umum di ajang International Indonesia Motor Show 2010, akhir Juli mendatang. "Permintaan model ini sangat tinggi. Padahal, kuota Indonesia untuk tahun pertama hanya 20 unit," ujar Rudi dalam perkenalan perdana SLS AMG terbaru, hari ini.

Pihak Mercedes-Benz mengklaim konsumsi bahan bakar cukup irit. Dengan jarak tempuh 100 km, SLS hanya membutuhkan BBM 13,2 liter dengan emisi CO2 308 gr/km.

Hingga kini, MBI telah mengantongi pesanan untuk 17 unit. Harga dasar unit tanpa dikenakan komponen pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) adalah Rp 4,2 miliar (off the road). Di negara asalnya, produk tersebut diluncurkan ke pasar pada Maret-April tahun ini dan dijual dengan harga 159.000 euro.

Berarti, satu unit SLS AMG ini setara dengan 6 Toyota Royal Crown yang dipakai para menteri kabinet saat ini. Perbandingan itu dengan asumsi, satu Crown berharga Rp 700 juta.

"Mobil ini merupakan collector item yang diproduksi sangat terbatas. Ada yang memesan dan siap menunggu sampai 2 tahun ke depan," lanjut Rudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com