Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fino, Senjata Yamaha Saingi Scoopy

Kompas.com - 30/05/2010, 11:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Peluncuran skutik bergaya retro Scoopy oleh Honda tidak membuat Yamaha gentar. PT Yamaha Kencana Motor Indonesia (YKMI) menyatakan siap memboyong produk serupa bernama Fino secara utuh (CBU) dari Thailand.

Namun, pihak Yamaha masih terkesan hati-hati dalam menjajaki segmen pasar skutik "retro" di Indonesia. Hasil survei yang kurang meyakinkan membuat Yamaha mengurungkan niatnya meluncurkan Fino pada awal tahun ini.

"Biasalah, yang namanya trabas hutan dulu, kalau bagus nanti kita ikut. Dulu waktu skutik bagus, yang lain juga mengikuti. Jadi, hal ini biasa saja dalam bisnis," ujar Dyonisius Beti, Presiden Direktur PT YKMI di Nusa Dua, Bali, Sabtu (29/5/2010).

Terkait rencana pemasaran Fino, Dyon menjelaskan bahwa pihaknya bisa dengan mudah memboyong masuk Fino dari Thailand. Adanya skema perjanjian perdagangan antarnegara ASEAN (AFTA) membuat import duty (bea masuk) jadi nol persen.

"Kami bisa saja impor dari Thailand, itu opsi. Tapi kalau produksi di sini (Indonesia) persiapannya tak terlalu sulit dan cuma sebentar. Kita lihat saja nanti bagaimana animonya," papar Dyon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com