Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lamborghini Gallardo LP 570-4 Superleggera: Agresif Namun Ramah

Kompas.com - 06/03/2010, 10:52 WIB

JENEWA, KOMPAS.com – Kendati dipasarkan untuk orang terentu, penampilan Lamborghini sebagai mobil supersport tetap menarik banyak orang. Begitu juga ketika, perusahaan yang pernah dimiliki oleh Tommy Soeharto, menampilkan model terbaru yang saat ini dipamerkan di Pameran Mobil Jenewa ke-80, yaitu Gallardo LP 570-4 Superleggera.

Hebatnya, model ini ditampilkan dengan warna hijau plus kombinasi hitam. Gambaran, mobil makin agresif namun lebih ramah terhadap lingkungan!

Lebih Aero dan Ringan
Menurut Lambo - sekarang dimiliki oleh Volkswagen Group – model terbarunya ini lebih aerodinamis dan lebih ringan. Mesin juga lebih canggih sehingga tenaga lebih besar. Tentunya dibandingkan versi sebelum, Murcielago.

Semua itu diperoleh karena tidak banyak lagi bagian eksterior atau bodi mencuat. Sedangkan bobot, lebih ringan berkat penggunaan serat karbon khusus. Alhasil, bobot Superleggera ini hanya 1.340 saat kosong, 70 kg lebih ringan dari pendahulunya. Dengan kondisi itu pula, Lambo gembar-gembor, perbandingan antara bobot: 2,35 kg/1PS. Hebat!

2,4 Detik
Supersport ini diklaim mampu melakukan sprint 0-100 kpj dalam 2,4 detik. Mau lebih tinggi lagi, 0-200 kpj, hanya 10,2 detik. Kalau punya nyali untuk menguji kecepatan maksimalnya, 325 kpj.

Dibandingkan versi Lambo sebelumnya, emisi karbondioksida (CO2), turun sampai 20,5 persen. Semua itu, karena perubahan pada mesin dan bobotnya yang makin ringan.

Mesin V10, 5.204 cc menghasilkan tenaga 570 PS 9419 kW) @8.000 rpm dengan torsi 540 Nm @6.500 rpm. Ini diperoleh berkat teknologi “Iniezione Diretta Stratificata” atau injeksi langsung. Bensin disemprotkan langsung ke ruang bakar dengan tekanan 100 bar dan kompresi 12,5 : 1.

Tak lupa dijelaskan mesin yang dipasang secara memanjang atau longitudinale posteriopre (asal tambahan LP) konsumsi bahan bakarnya makin irit, 7,4 kpl.

Serat Karbonat
Lambo pun mengklaim Superleggera menjadi model top dari seluruh supersport yang dibuatnya.
Pasalnya, eksterior lebih aerodinamis berkat rancang ulang bumper, bentuk trapesium bodi, hidung depan yang tajam dan berbentuk V dan lampu LED untuk siang hari.

Juga ada perbaikan pada kolong dan difuser sebagai rumah empat ujung knalpot. Superleggera menggunakan spoiler belakang yang kecil. Kendati demikian, juga ditawarkan opsi dengan ukuran lebih besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com