Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Investasi 15 Juta Dollar AS untuk Bangun Pabrik Ban di Indonesia

Kompas.com - 25/08/2009, 14:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pabrikan ban asal China, Good Friend Tire Co LTD, berencana menanamkan investasi senilai 15 juta dollar AS untuk membangun pusat produksinya di Indonesia. Realisasinya baru akan dilaksanakan pada 2010.

"Itu baru rencana. Mereka belum menjelaskan secara spesifik, bagaimana realisasi investasinya nanti. Tapi, melihat kondisi pasar ban domestik, mereka (investor) akan membidik ke produk ban untuk passanger car dan light truck yang memang paling banyak di sini," ungkap Direktur Industri Kimia Hilir Departemen Perindustrian (Depperin) Tony Tanduk saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (25/8).

Tony menjelaskan, setiap tahun, total pasar ban mobil penumpang dan truk ringan di Indonesia antara 5 dan 10 juta unit. Mengacu data Asosiasi Perusahaan Ban Indonesia (APBI), total produksi ban pada Juni 2009 tercatat sebanyak 3,4 juta unit, yang sekitar 70 persennya dialokasikan untuk ekspor.

Alasan Indonesia dipilih menjadi tempat yang tepat untuk berinvestasi di sektor industri adalah tersedianya bahan mentah berupa karet alam. Selain itu, tren pasar otomotif nasional terus menunjukkan arah perbaikan.

"Sepertinya mereka akan bangun di Pulau Jawa karena demand terbesar berasal dari tempat ini. Tapi untuk insentif baru akan diberikan kalau mereka berani membangun di luar Jawa, ya PP Nomor 21 Tahun 2009 itu (tentang pembebasan pajak penghasilan sebesar 30 persen selama enam tahun)," lanjut Tony.

Niat berinvestasi produsen ban asal China itu terkuak dalam kunjungan 120 delegasi asal Provinsi Henan, China, ke Depperin, Senin (24/8). Dalam kesempatan itu, ada kesepakatan untuk menjajaki pengembangan kerja sama dengan Indonesia dalam bidang ekonomi, investasi, dan perdagangan di sektor manufaktur, pertambangan, pertanian, jasa, hingga pariwisata.

Bahkan, para pengusaha asal Henan sepakat menandatangani enam perjanjian investasi senilai total 200 juta dollar AS di berbagai sektor industri. Salah satunya, ya investasi tadi, yang mudah-mudahan bisa membuka lapangan kerja baru di negeri ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com