Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Komponen dan Aksesori Diikuti 65 Peserta Asing

Kompas.com - 12/08/2009, 18:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pameran komponen, suku cadang, dan aksesori otomotif terlengkap di Indonesia, IndoAutomotive 2009, digelar di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Utara. Pameran yang berlangsung selama 4 hari (12-15 Agustus) dibuka oleh Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Tekstil dan Aneka Departemen Perindustrian (Depperin) Ansari Bukhari.

"Kita (Indonesia) perlu meningkatkan kemampuan permesinan dengan teknologi baru untuk meningkatkan daya saing, apalagi dengan ditandatanganinya sejumlah perjanjian regional, yang akan membuat bea masuk menurun 5 persen atau bahkan dihilangkan. Jadi, produk domestik harus bisa berdaya saing tinggi," papar Ansari dalam pembukaan IndoAutomotive, Rabu (12/8).

Ekshibisi yang diselenggarakan oleh PT Wakeni diikuti 120 kontestan dari dalam negeri, plus 65 kontestan luar negeri. Di antaranya China, Taiwan, Austria, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Semua peserta menempati area seluas 4.600 meter persegi yang terbagi menjadi empat kelompok, yakni suku cadang, komponen dan aksesori, perbaikan dan perawatan, serta perangkat service station.

Rini Sumardi selaku Direktur PT Wahana Kemalaniaga Makmur (Wakeni) mengatakan, Indonesia merupakan jalur emas bagi perluasan bisnis otomotif. Khusus untuk pameran ini, terdapat berbagai jenis produk pendukung otomotif yang dipamerkan, yaitu produk interior mobil, sistem audio video, sistem keamanan, dan lainnya.

"Tahun lalu, total pengunjung pameran mencapai 8.500 orang. Tahun ini kita targetkan akan mencapai 15.000 orang. Kami optimistis akan meningkat seiring makin baiknya situasi ekonomi kita," harap Rini.

Selama pameran berlangsung, panitia menargetkan nilai transaksi yang dicapai Rp 25 miliar. Meningkat 38,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang meraup Rp 18 miliar. Makin bergejolaknya pasar otomotif akan mampu memicu konsumsi komponen otomotif nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com