Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudahkah Motor Dibekali P3K

Kompas.com - 23/09/2008, 16:59 WIB

Buat mudikers yang menunggang motor, bawa oleh-oleh buat sanak saudara boleh-boleh saja. Tapi, ada yang lebih penting untuk dibawa, perlengkapan P3K baik untuk manusia maupun kendaraan. Kalau buat manusia bawa secukupnya, seperti obat-obatan, yodium, plester dan perban.

Lain buat motor, P3K alias Pertolongan Pertama Pada Kerusakan untuk menjaga agar tidak mogok, perlu dibawa tool kit serta komponen cadangan. Jangan berlebihan juga membawanya agar tidak mempengaruhi bobot.

Tool kit serta komponen cadangan  macam apa yang layak di bawa? Mekanik Syahbani  dari Bani Motor memaparkan, “Selain tool kit standar motor, baiknya ditambah kunci pendukung,” bilang Ujang Bani – sapaan akrab Syahbani.

Kunci-kunci wajib berupa kunci pas ukuran 10, 12, 14 dan 17 plus obeng (kembang dan minus) dan kunci busi. Tambahan lain, tang, senter kecil, kunci ring pembuka as roda. Lebih sip bawa pencungkil ban portable. Kalau punya, bawa kunci L terutama jika motor sudah menggunakan baut L.

Komponen cadangan lainnya, seperti penambal ban . Untuk skubek mungkin bisa membawa ban dalam, bohlam, sambungan rantai dan kawat ukuran kecil untuk kondisi darurat.

Sebelum jalan, jika memang tidak sempat melakukan servis di bengkel, bisa diperiksa kekenduran rantai. Kalau kering segera lumasi dengan oli atau cairan khusus rantai. Periksa juga jarak tekan pedal rem belakang, jangan terlalu jauh. Jarak main bebasnya 20-30 mm.

Untuk motor jenis sport, selain rem belakang, periksa rem tangan. Tarikannya jangan terlalu dalam. Begitu juga tuas kopling, upayakan jarak main bebasnya 10-20 mm, kemudian pastikan kabelnya masih mulus. (KR15)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com