Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2,5 Juta Orang Mudik Dari Tangerang

Kompas.com - 14/09/2008, 20:05 WIB

TANGERANG, MINGGU - Jumlah pemudik dari Kabupaten Tangerang, Banten, ke berbagai kota di seluruh Indonesia pada Lebaran 2008 ini diperkirakan mencapai 2,5 juta orang, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. "Jumlah pemudik lebaran tahun 2008 ini diperkirakan meningkat dibanding tahun sebelumnya, dan diperkirakan pemudik menggunakan sepeda motor lebih dominan," kata Kepala Seksi Angkutan Umum Dishubtel Kabupaten Tangerang, Tito Satria, Minggu (14/9).

Di samping sepeda motor, arus mudik juga akan dipenuhi kendaraan pribadi dan rombongan bus yang disewa pihak perusahaan pabrik untuk mudik para karyawannya. Mayoritas pemudik menuju kota besar di Jawa Barat, Yogya, Jawa Tengah dan Jawa Timur dan beberapa di antaranya mudik ke wilayah Pulau Sumatera seperti Lampung, Bengkulu, Jambi dan sekitarnya.

Guna memberikan kenyamanan dan keamanan pemudik, Dishubtel Kabupaten Tangerang mendirikan 13 posko jalur mudik lebaran yang tersebar di Jayanti, Cikupa, Mauk, Ciputat, Balaraja, Serpong, Serpong Utara, Pamulang, Setu dan Pondok Aren serta menerjunkan sebanyak 150 petugas lapangan.

Selain itu, Pemkab Tangerang memprioritaskan pengamanan untuk jalur arus mudik lebaran di wilayah Tangerang Selatan dan Barat yang banyak dilalui pemudik yang menuju Pulau Sumatera.

Satria menjelaskan, dishubtel akan berkoordinasi dengan Polres Metro Tangerang Kabupaten serta Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Organda untuk kelancaran dan mengantisipasi kesemrawutan lalu lintas arus mudik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com