Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semakin Banyak Komponen Sama pada Honda

Kompas.com - 07/04/2017, 07:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Salah satu raksasa otomotif Jepang, Honda Motor Company, bakal memperluas pemanfaatan komponen sama (common parts), pada beberapa model andalan. Honda menggandeng para pemasok komponen untuk mengembangkan common parts  dan diharapkan sudah mulai diaplikasikan pada 2020, bersamaan dengan peluncuran generasi terbaru Civic.

Mengutip Nikkei, Kamis (6/4/2017), harga mobil saat ini mulai terlihat meningkat, karena bertambahnya komponen keselamatan dan fitur lainnya. Namun, dengan mengadopsi komponen-komponen yang terstandar, diharap bisa menyumbang cost competitiveness dari produk yang dijual, atau harga  jual mobilnya bisa bersaing.

Apalagi saat ini para produsen mobil juga sedang membutuhkan banyak biaya untuk riset, mengingat perkembangan teknologi dan ketatnya aturan emisi di berbagai belahan dunia, yang menuntut pabrikan mengembangkan mesin baru yang juga ramah lingkungan.

Honda mengumpulkan lebih dari 300 pemasok komponen untuk menginformasikan hal ini, dan menjelaskan kebijakan pembelian perusahaan untuk pertama kalinya dalam delapan tahun. Merek yang masih bisa bertahan tanpa aliansi ini, sudah menstandardisasi platform kendaraannya dan akan mengembangkan common parts dengan para pemasok.

Menurut salah satu sumber Nikkei, yang hadir dalam pertemuan, Honda mengatakan bahwa mereka ingin melanjutkan kerjasama dengan grup produsen komponennya, untuk pengembangan teknologi khusus.

Lebih dari itu, Honda juga mencoba meningkatkan kemitraan dengan industri komponen di luar grup, demi memanfaatkan kekuatan mereka dan mengembangkan teknologi perintis. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com