Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih, 10 Desain Ferrari Terjelek

Kompas.com - 08/05/2012, 14:02 WIB

Maranello, KompasOtomotif — Ferrari termasuk pabrikan mobil kelas atas penghasil supercar yang mempunyai desain eksotis dan kharisma tersendiri. Model-model yang dihasilkan menjadi simbol dari status sang pemilik yang tergolong "the have". Ternyata, dari sekian banyak model Ferrari, situs Insideline menilai ada sepuluh model yang tampilannya jelek.

1. F50, 1995
Hasil garapan Pininfarina ini memiliki permukaan kap yang tak jelas, kaca depan terlalu gembung, serta wing terlihat besar dan jauh dari proporsional. Secara keseluruhan model ini terkesan murah, dan dulunya dibanderol cukup tinggi, 477.500 dollar Amerika Serikat (AS). Kendati demikian, menurut data, ada 349 orang yang mau membelinya.

2. 575 Zagato GTZ, 2006
Ferrari ini dibangun dari sasis 575 M dengan bodi sedikit aneh dari sudut pandang mana pun, menggunakan bahan aluminium. Model 2 penumpang ini dibuat khusus atas pesanan kolektor Jepang, Yoshiyuki Hayashi. Gaya pontoon pada fender depan tidak sejalan dengan bentuk kap yang mengotak. Fender belakang terlihat seperti bisul membengkak, sementara tampilan belakang terlihat mirip Corvette 1956.

3. 365 GTC, 1971
Secara mekanisme, model ini identik dengan Daytona. Namun dari sisi gaya, ia terlihat seperti Corvette C3 dengan bagian samping fender datar. Ketika dipandang dari depan, tak ada ciri khas Ferrari yang terpancar, bahkan lebih condong ke Opel.

4. California, 2009
Desain ini dicap secara sewenang-wenang hanya untuk memenuhi hasrat eksotis, tanpa memerhatikan estetika. Desainnya berlawanan, antara "hidung" dan "pantat". Padahal, gaya ini sempat dipakai Pontiac, walau hasilnya kurang maksimal.

5. FF, 2012
Alasannya bukan karena mengadopsi karakter station wagon, melainkan lebih pada kesesuaian pelebaran body dan juga pemilihan desain antara lampu dan fender serta juga ukurannya.

6. 456, 1992
Desainnya terbilang paling membosankan karena memiliki banyak interceptor di bagasi belakang sehingga terlihat penuh. Sementara itu, hidungnya terlalu bergaya Porsche 924, dan sampingnya terlalu gembung. Sepertinya hanya 456 yang berbentuk seperti Avis, mobil angkutan bandara.

7. 308 GT4 2+2, 1973
Model perdana yang mengadopsi mesin V8 ini cukup berantakan. Di fase ini, Ferrari sempat menyampakkan Pininfarina dalam hal desain dan beralih ke Bertone. Namun pada kenyataannya tidak jadi lebih baik seperti desain rivalnya, Lamborghini Miura dan Countach, yang juga pernah dibuat oleh desainer. Kendala proporsional juga terlihat antara ketebalan sektor depan dan belakang, yang cukup timpang.

8. 330 GT 2+2 Series 1, 1964
Ini merupakan satu-satunya model yang menonjolkan 2 lampu depan kembar secara terbuka, bagaikan makhluk luar angkasa. Akhirnya, Series II hanya menggunakan tipe 2 lampu, walau hasilnya tetap aneh.

9. 330 GTC Zagato, 1967
Sulit dibayangkan bagaimana sang insinyur merancang desain sehingga menghasilkan model Zagato yang aneh. Ferrari ini dibangun khusus untuk Luigi Chinetti, orang yang mengimpor Ferrari ke Amerika saat itu.

10. Mondial 8, 1980
Ini adalah karya Pininfarina, setelah Ferrari tidak sreg dengan Bertone ketika menciptakan 308 GT4 2+2 yang tampilannya kurang mencitrakan Italia. Namun, masalah belum terselesaikan, dan karakternya menjadi kupe yang dibuat tetap bergaya mengotak, lancip, dan kurang proporsional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau