Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Apakah Benar AC Harus Dimatikan Sebelum Starter Mobil? | BYD Seal Versi Hatchback Resmi Meluncur | Deretan Mobil Dinas Presiden RI dari Era Soekarno hingga Jokowi

Kompas.com - 22/10/2024, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pembaca ingin tahu apakah benar AC harus dimatikan sebelum starter mobil. Begitu pula dengan artikel BYD Seal versi hatchback yang resmi meluncur juga membuat banyak pembaca penasaran.

Tak ketinggalan, deretan mobil dinas Presiden RI dari era Soekarno hingga Jokowi banyak menarik pembaca. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini kumpulan artikel otomotif terpopuler pada Senin (21/10/2024):

1. Apakah Benar AC Harus Dimatikan Sebelum Starter Mobil?

Perawatan AC mobil harus rutin dilakukan demi menjaga performa dan mencegah terjadinya kerusakan. Pricebook Perawatan AC mobil harus rutin dilakukan demi menjaga performa dan mencegah terjadinya kerusakan.

pan bahwa menyalakan AC sebelum starter bisa membebani mesin masih diyakini sebagian pengemudi mobil. Ada yang berpendapat bahwa hal ini dapat menambah beban pada mesin, sementara sebagian lainnya beranggapan bahwa mobil modern sudah dirancang untuk mengatasi masalah ini dengan baik.

Menurut Gunawan, pemilik Premium 99 AC, tidak ada aturan khusus yang mengharuskan AC dimatikan sebelum menstarter mobil, terutama pada mobil modern.

Baca juga: Apakah Benar AC Harus Dimatikan Sebelum Starter Mobil?

2. Detail Pindad MV3 Garuda Limousine, Penggerak 4x4 Mesin Turbo Diesel

Mobil MV3 Garuda Limousine dipakai Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka saat pelantikan, Minggu (20/10/2024)Dok. PT Pindad Mobil MV3 Garuda Limousine dipakai Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka saat pelantikan, Minggu (20/10/2024)

PT Pindad jadi produsen mobil yang dipakai Presiden Repubik Indonesia Prabowo Subianto saat pelantikan, Minggu (20/10/2024).

Mobil dengan nama MV3 Garuda Limousine tersebut tampil dengan tampilan SUV berkelir putih dengan berbagai aksen krom. Memang cukup berbeda dibanding mobil presiden biasanya yang memakai sedan.

Baca juga: Detail Pindad MV3 Garuda Limousine, Penggerak 4x4 Mesin Turbo Diesel

3. BYD Seal Versi Hatchback Resmi Meluncur, Harga Rp 290 Jutaan

BYD Seal 06 GTCarnewschina BYD Seal 06 GT

BYD resmi meluncurkan Seal 06 GT alias Seal versi hatchback untuk pasar China. Mobil ini dibanderol mulai 136.800 Yuan atau sekitar Rp 290 juta, sampai Rp 186.800 Yuan atau sekitar Rp 407 juta.

Dikutip dari Carnewschina, Senin (21/10/2024), mobil ini dibangun di atas e-Platform 3.0 Evo dengan memiliki dimensi panjang 4.630 mm, lebar 1.880 mm dan tinggi 1.490 mm, serta jarak sumbu roda 2.820 mm.

Baca juga: BYD Seal Versi Hatchback Resmi Meluncur, Harga Rp 290 Jutaan

4. Apa Kabar Honda Mobilio?

Honda MobilioDOK. HONDA PROSPECT MOTOR Honda Mobilio

Segmen Multi Purpose Vehicle (LMPV) atau mobil serbaguna murah masih menjadi pilihan banyak konsumen saat membeli kendaraan pribadi.

Sejalan dengan hal itu, berbagai pabrikan otomotif kerap menghadirkan produk baru hingga memberi penyegaran pada lini produk yang ada guna memenangi persaingan pasar. Beberapa pemain di kelas tersebut seperti Hyundai Stargazer, Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza hingga Suzuki Ertiga.

Baca juga: Apa Kabar Honda Mobilio?

5. Deretan Mobil Dinas Presiden RI dari Era Soekarno hingga Jokowi

Mobil Presiden Jokowi, Mercedes-Benz S680 Guard, meninggalkan Gedung DPR MPR, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2024)Shela Octavia Mobil Presiden Jokowi, Mercedes-Benz S680 Guard, meninggalkan Gedung DPR MPR, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2024)

Salah satu pabrikan yang sejak dulu diandalkan sebagai mobil presiden adalah Mercedes-Benz. Pabrikan asal Jerman ini sudah jadi mobil dinas Presiden RI sejak era Soekarno hingga Joko Widodo (Jokowi).

"Selama 54 tahun, Mercedes-Benz telah menjadi mobil kepercayaan Presiden Republik Indonesia sejak awal berdirinya," tulis keterangan pada unggahan akun Instagram @mercedesbenzid, belum lama ini.

Baca juga: Deretan Mobil Dinas Presiden RI dari Era Soekarno hingga Jokowi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau