Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Benar AC Harus Dimatikan Sebelum Starter Mobil?

Kompas.com - 21/10/2024, 06:22 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggapan bahwa menyalakan AC sebelum starter bisa membebani mesin masih diyakini sebagian pengemudi mobil. Ada yang berpendapat bahwa hal ini dapat menambah beban pada mesin, sementara sebagian lainnya beranggapan bahwa mobil modern sudah dirancang untuk mengatasi masalah ini dengan baik.

Menurut Gunawan, pemilik Premium 99 AC, tidak ada aturan khusus yang mengharuskan AC dimatikan sebelum menstarter mobil, terutama pada mobil modern.

"Tidak ada aturan spesifik yang menyatakan AC harus off sebelum starter. Saat mobil distarter, AC tidak akan langsung menyala. Sistem mobil modern sudah dirancang sehingga AC baru aktif beberapa detik setelah mesin stabil," kata Gunawan kepada Kompas.com, Sabtu (19/10/2024).

Baca juga: Rombongan Sound Horeg Ramaikan Pelantikan Prabowo-Gibran

Gunawan menjelaskan bahwa pada mobil-mobil terbaru yang menggunakan teknologi solenoid, sistem AC bekerja dengan lebih halus dan efisien. Teknologi ini memungkinkan kompresor bekerja lebih ringan saat mesin dihidupkan.

"AC tidak menambah beban signifikan pada mesin saat proses starter. Bahkan jika kita lupa mematikan AC sebelum mematikan mobil, ketika starter lagi, sistem akan memastikan AC menyala setelah mesin berjalan stabil, sehingga risiko terhadap mesin sangat minim," kata Gunawan.

Ia juga menekankan pentingnya perawatan berkala AC, seperti penggantian oli kompresor secara rutin, untuk menjaga kinerja dan umur panjang sistem AC.

Perawatan AC mobil harus rutin dilakukan demi menjaga performa dan mencegah terjadinya kerusakan. Pricebook Perawatan AC mobil harus rutin dilakukan demi menjaga performa dan mencegah terjadinya kerusakan.

"Yang paling utama adalah menjaga AC tetap dalam kondisi baik dengan perawatan rutin. Usia pemakaian memang tidak bisa dihindari, tetapi perawatan bisa memperpanjang umur komponen," ujar Gunawan.

Meski begitu, Gunawan merekomendasikan agar AC dimatikan saat mobil dinyalakan di pagi hari setelah dibiarkan semalaman, khususnya pada mobil-mobil lama yang masih menggunakan teknologi terdahulu.

"Ini penting untuk menghindari potensi beban berlebih pada kompresor di mobil lama yang mungkin masih terpengaruh oleh RPM mesin yang belum stabil saat awal dinyalakan," ucap Gunawan.

Baca juga: TBPKP Tanpa Stiker Hologram Usai Bayar Pajak Online Apakah Sah?

Secara umum, untuk mobil-mobil dengan teknologi modern, mematikan AC sebelum menstarter mesin bukanlah keharusan. Namun, menjaga perawatan AC tetap menjadi kunci untuk menjaga performa yang optimal dan memastikan umur komponen lebih panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau