Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Chery Tiggo 4, Ini Perbedaannya dengan Tiggo 5X

Kompas.com - 20/10/2024, 12:02 WIB
Azwar Ferdian

Editor

WUHU, KOMPAS.com - Chery memiliki line up lengkap dari keluarga Tiggo. Dimulai Tiggo 4 sampai dengan Tiggo 9. Ada yang menarik melihat keberadaan Tiggo 4, dimana SUV berbodi ringkas ini menjadi model entry level yang ditawarkan Chery untuk pasar China dan global termasuk Indonesia.

Buat pasar otomotif China dan Indonesia, Tiggo 4 dihadirkan pada sosok Chery Tiggo 5 atau Tiggo 5X yang sudah resmi di jual di Tanah Air. Sedangkan untuk pasar global tetap menggunakan nama Chery Tiggo 4.

"Khusus untuk China dan Indonesia, kami tidak memberikan nama Tiggo 4 tapi Tiggo 5. Karena ada semacam kepercayaan khusus bahwa angka 4 memiliki arti yang kurang baik. Begitu juga dengan Indonesia, kami mendapatkan masukan dari rekan diler untuk tidak memberikan nama Tiggo 4, tapi Tiggo 5," jelas Executive Vice President CSI, Qu Ji Zong, kepada Kompas.com, Sabtu (19/10/2024).

Baca juga: Prabowo dan Gibran Kompak Naik Alphard Putih ke Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Secara spesifikasi dan fitur hampir semuanya sama, hanya saja yang dijual di Indonesia menggunakan mesin 1.5 L non-turbo. Sedangkan yang beredar di China dan global ada mesin 1.5 L versi turbo.

Chery Tiggo 4KOMPAS.com/Azwar F Chery Tiggo 4

Tiggo 5X di Indonesia bermesin 1.5 L, non turbo, dengan tenaga sebesar 111 Tk pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsinya 138 Nm pada putaran mesin 2.750 rpm.

Kompas.com berkesempatan datang ke kantor pusat Chery di Wuhu, China, dan bersua dengan Chery Tiggo 4 versi terbaru dengan spesifikasi tertinggi. Memakai mesin 1.5 L dengan tenaga mencapai 144 Tk pada 4 000 rpm dan torsi 210 Nm pada 4 000 rpm.

Baca juga: Honda Pastikan HR-V Versi Listrik Dijual Semester I-2025

Desain eskterior Tiggo 4 versi terbaru ini memiliki wajah yang sudah berbeda. Bisa dilihat dari gril depan, headlamp dan lampu sinyal di ujung bumper depan. Terlihat lebih simpel dengan tidak terlalu banyak memakai aksen berlebih.

Pada bagian kabin langsung terasa kesan mewah dengan penggunaan material soft touch pada trim, kursi dan juga kemudi. Layar besar memanjang pada bagian dasbor, sebagai panel instrumen dan juga head unit.

Chery Tiggo 4KOMPAS.com/Azwar F Chery Tiggo 4

Ada pemisah antara kursi pengemudi dan penumpang depan, untuk kompartemen tengah dan juga tuas transmisi. Lalu tersedia juga fitur sunroof buat menambah kesan mewah dan lapang dari dalam kabin.

Pada fitur keselamatan sudah dilengkapi dengan Dual Front Airbags, Front Side and Curtain Airbags, ISOFIX, ABS+EBD (Electronic Brakeforce Distribution), EBA (Emergency Brake Assist), ESP (Electronic Stability Program), TCS (Traction Control System), RSC (Roll Stability Control), EPS (Electric Power Steering), EPB+AUTOHOLD, Hill Assist & Downhill, Assist Rear View Camera(with Dynamic Guides), Carlock & Remote Window Close dan sistem ADAS.

Belum diketahui apakah dan kapan Chery Tiggo 4 ini masuk Indonesia, mengingat Chery Tiggo 5X sendiri belum lama diluncurkan Chery Sales Indonesia pada Juni lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau