Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Iannone Ikut MotoGP Lagi, Ini Daftar Kandidat Pengganti Diggia

Kompas.com - 19/10/2024, 16:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

Sumber Crash.net

JAKARTA, KOMPAS.com - Fabio Di Giannantonio akan absen setelah MotoGP Thailand 2024 untuk menjalani operasi arm pump. Masih ada dua seri tersisa, dan kabarnya Andrea Iannone yang akan menjadi penggantinya.

Pengganti dari Diggia akan segera diumumkan. Namun pihak Pertamina Enduro VR46 Racing Team belum memutuskannya.

Baca juga: Fabio Di Giannantonio Dipastikan Absen di Akhir Musim 2024

Iannone sendiri keluar dari MotoGP karena didiskualifikasi kasus doping pada seri terakhir MotoGP 2019 dan divonis empat tahun tidak boleh balapan. Lalu, tahun ini dia mulai mengikuti World Superbike (WorldSBK) bersama tim Go Eleven Ducati.

Para pebalap berkebangsaan Italia, Franco Morbidelli, Andrea Iannone, Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, dan Danilo Petrucci.DOK. PRAMAC RACING Para pebalap berkebangsaan Italia, Franco Morbidelli, Andrea Iannone, Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, dan Danilo Petrucci.

Disebutkan bahwa Valentino Rossi, pemilik tim VR46, dan Gigi Dall'Igna, General Manager Ducati Corse, sepakat bahwa Iannone pantas untuk menggantikan Diggia sementara. Namun, sebenarnya kandidatnya bukan hanya Iannone.

"Kami punya tiga hingga empat nama di atas meja. Saya, Pablo (Nieto), dan Vale, sudah mulai berpikir dan akan mengambil keputusan setelah hari Senin, karena sekarang kami ingin tetap fokus pada akhir pekan ini," ujar Direktur Tim Pertamina Enduro VR46 Alessio Salucci, dikutip dari Crash.net, Sabtu (19/10/2024).

Baca juga: Pertamina Enduro VR46 Optimistis Bisa Lebih Baik di MotoGP Australia

"Ya, Iannone adalah salah satunya, tapi kami mungkin kurang lebih punya empat pebalap di atas meja," kata pria yang akrab disapa Uccio tersebut.

Ducati dikabarkan bakal menjual replika motor Francesco Bagnaia dan Alvaro Bautista yang menjadi juara dunia pada ajang MotoGP dan WSBK 2022.
instagram.com/ducaticorse Ducati dikabarkan bakal menjual replika motor Francesco Bagnaia dan Alvaro Bautista yang menjadi juara dunia pada ajang MotoGP dan WSBK 2022.

Selain Iannone, Nicolo Bulega dikabarkan juga menjadi kandidat. Bulega saat ini juga menjadi pebalap Ducati di WorldSBK dan merupakan jebolan VR46 Riders Academy.

"Kami juga suka Nicolo. Tapi, bagaimana pun juga, kita akan lihat apa yang akan terjadi," ujarnya.

Kandidat selain Bulega adalah rekan setimnya sendiri, yakni Alvaro Bautista. Pebalap yang satu ini punya banyak pengalaman dengan motor MotoGP, dan Bautista juga merupakan dua kali juara dunia WorldSBK. Sehingga, dia bisa menjadi kandidat terkuat bagi Ducati.

Danilo Petrucci menggantikan Joan Mir sementara di Suzuki untuk MotoGP Thailand 2022Dok. @petrux9 Danilo Petrucci menggantikan Joan Mir sementara di Suzuki untuk MotoGP Thailand 2022

Masih dari deretan pebalap WorldSBK, kandidat lain kabarnya adalah Danilo Petrucci, yang juga mantan pebalap MotoGP. Selain Petrucci, Ducati juga memiliki pebalap tes Michele Pirro, yang kemungkinan besar cocok untuk menggantikan Diggia.

Sementara itu, Diggia diyakini masih dalam tahap pemulihan pasca-operasi arm pump saat semuanya menjalani sesi tes pra-musim di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada Februari 2025.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau