Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Mazda Belum Mau Jual Pikap Kabin Ganda Lagi di Indonesia

Kompas.com - 19/10/2024, 10:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mazda Indonesia mengaku belum ingin meluncurkan kendaraan di segmen pikap kabin ganda alias double cabin.

Seperti diketahui, Mazda Indonesia sempat meluncurkan pikap bernama BT-50. PT Mazda Motor Indonesia (MMI) mulai jualan pikap pada 2008. Namun, pada 2019 BT-50 resmi tidak dipasarkan lagi di Indonesia.

Mulai 2017, jaringan distribusi dealer Mazda di Indonesia secara resmi dialihkan dari PT MMI ke PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI). Sejak saat itu, model kendaraan yang ditawarkan Mazda hanya mobil penumpang seperti Sport Utility Vehicle (SUV), hatchback, hingga sedan.

Baca juga: Beda Warranty dan Garansi Saat Beli Mobil Baru

Sementara untuk BT-50 masih dijual di global, bahkan untuk pasar Australia mobil ini baru saja mendapat penyegaran dengan desain yang lebih stylish.

Ricky Thio, Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) menjelaskan, saat ini pihaknya memang belum ingin meluncurkan kendaraan di segmen double cabin di Indonesia.

"Kita belum berencana datangkan BT-50 ke Indonesia, masih fokus kepada passenger yang fashionable dan desainnya. Tentunya kan sesuaikan dengan kondisi yang ada di sini,” kata Ricky, saat ditemui di Jakarta, Jumat (18/10/2024).

Mazda BT-50Motor1.com Mazda BT-50

Menurut Ricky, untuk pasar Indonesia, Mazda memang lebih berfokus pada produk yang menonjolkan Kodo desain. Sehingga rasanya kurang tepat jika menjual double cabin di Tanah Air.

"Kalau Australia itu kan negara tambang, BT-50 mungkin cocok. Kalau kita juga ada tetapi kita lebih promosikan ke Kodo Design dan Jinba Ittai. Tapi kalau BT-50 lebih ke kuat, dan memang yang baru ini lebih stylish. Tapi untuk saat ini belum (ingin mendatangkan ke Indonesia),” kata Ricky.

Baca juga: Bedanya Bus AKAP Suite Class dan Suite Family Class Milik PO Sinar Jaya

Sebagai informasi, saat ini ada sejumlah model Mazda yang ditawarkan, mulai dari CX-3, CX-5, CX-30, CX-8, CX-9, CX-60, Mazda 2 hatchback, Mazda 3 hatchback, Mazda 2 sedan, Mazda 3 sedan, Mazda 6 sedan, Mazda 6 estate, hingga Mazda MX-5 RF roadster.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau