Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umar Abdullah Wakili Indonesia di FIA Motorsport Games 2024 Valencia

Kompas.com - 16/10/2024, 13:02 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pebalap Indonesia, Umar Abdullah, terpilih untuk mewakili Indonesia dalam ajang FIA Motorsport Games 2024 yang akan digelar di Valencia, Spanyol, pada 23-27 Oktober mendatang.

Umar, yang berlaga di bawah tim Delta Garage Racing Team, ditunjuk oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, dengan penunjukan resmi yang ditandatangani oleh Ananda Mikola, Wakil Ketua Umum Olahraga Mobil IMI.

FIA Motorsport Games adalah ajang balap internasional yang mirip dengan Olimpiade, namun khusus untuk olahraga balap.

Baca juga: Mobil Sering Terjebak Macet Bisa Mempercepat Kopling Aus

"Ini seperti Olimpiade, tapi khusus balapan, di bawah naungan FIA. Saya menjadi satu-satunya wakil Indonesia di kategori roda empat, selain satu peserta dari gokart," kata Umar dalam keterangan resmi, Rabu (16/10/2024).

Dalam kompetisi ini, Umar akan menggunakan mobil dengan spesifikasi TCR meski menggunakan merek berbeda. Ia juga sudah menyiapkan perlengkapan balap dengan dominasi warna merah putih dipadu hitam.

"Ini mirip dengan ajang TCR World. Para pebalap dari seluruh dunia yang memiliki pembalap TCR akan berpartisipasi di sini," kata Umar.

Untuk mempersiapkan diri, Umar akan menjalani latihan sim racing di JAS Motorsport, Milan, Italia, sebelum bertolak ke Valencia.

Mobil Umar Abdullah yang akan tampil di FIA Motorsport Games 2024.FIA Motorsport Games 2024 Mobil Umar Abdullah yang akan tampil di FIA Motorsport Games 2024.

"Saya akan berangkat ke Milan pada Minggu (20/10/2024), lalu pada Selasa malam menuju Valencia untuk upacara pembukaan pada Rabu," ucap Umar, yang juga berprofesi sebagai pengacara.

Umar akan didampingi oleh tim yang terdiri dari Keneth, manajer Delta Garage RT di TCR Asia Series, Ananda Bule, pereli Delta Garage RT, dan Ficky Fernando, pebalap ISSOM Delta Garage RT.

Baca juga: Kasus Gardan Mobil Jebol Akibat Radiator Rusak

"Kita lihat dulu situasinya, berapa banyak pebalap yang ikut dan dari mana saja. Setelah latihan, baru saya bisa bicara lebih banyak," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau