Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segini Biaya Tol dari Bintaro menuju Legok, Lewat Tol Serpong-Balaraja

Kompas.com - 04/10/2024, 19:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jalan Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) bakal memiliki total panjang kurang lebih 40 Km, yang terbagi dalam tiga tahap. Dari seksi I Serpong-Legok (9,8 Km), seksi II Legok-Pasir Barat (11,5 Km), dan seksi III Pasir Barat-Balaraja (18,6 Km).

Seksi 1A dan 1B yang menghubungkan Serpong-Balaraja telah rampung dan beroperasi fungsional atau tanpa tarif mulai Senin, 30 September 2024.

Tol ini memiliki tarif Rp 0 sampai dengan terbitnya penetapan pengoperasiaan yang akan ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca juga: Ada Rangkaian Persiapan HUT Ke-79 TNI di Monas, Simak Jalur Alternatif

Tol Serpong-Balaraja Seksi 1B beroperasi tanpa tarif sampai dengan terbitnya penetapan pengoperasiaan yang akan ditetapkan melalui Keputusan Menteri PUPR.KOMPAS.com/ADITYO WISNU Tol Serpong-Balaraja Seksi 1B beroperasi tanpa tarif sampai dengan terbitnya penetapan pengoperasiaan yang akan ditetapkan melalui Keputusan Menteri PUPR.

Meski begitu, pengendara yang berasal dari Tol JORR tetap dikenakan biaya, karena Tol yang beroperasi fungsional hanya Tol Serpong-Balaraja 1B.

Dari Tol JORR, kendaraan Golongan I dikenakan tarif sebesar Rp 17.000. Kemudian di Gerbang Tol Pondok Ranji, kendaraan dikenakan tarif lagi sebesar Rp 9.500.

Lalu, perjalanan berlanjut sampai Tol Serpong-Balaraja 1A, di mana kendaraan harus melakukan tapping di Gerbang Tol BSD Utama sebesar Rp 5.500.

Baca juga: Viral, Polantas Terkejut: Jimny Caribian yang Langka Disangka Mobil Barang

Sampai di Tol Serpong-Balaraja 1B, kendaraan melakukan tapping di ujung jalan, tepatnya Gerbang Tol Legok dengan tarif Rp 0.

Sehingga secara total, tarif yang dikenakan dari Tol Pondok Aren sampai Gerbang Tol Legok kurang lebih Rp 32.000 untuk kendaraan Golongan I.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau