Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Bus AKAP DAMRI dari Ciputat, Tarif mulai Rp 180.000

Kompas.com - 24/09/2024, 06:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – DAMRI menghadirkan layanan terbaru bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dari Ciputat ke sejumlah wilayah di Jawa dan Bandar Lampung, yang tersedia sejak Jumat (20/9/2024).

Ini merupakan salah satu upaya DAMRI untuk memudahkan akses masyarakat dari berbagai daerah menuju Jakarta Selatan.

Adapun, rute yang dihadirkan terdiri dari Ciputat-Purwokerto-Wonosobo PP, Ciputat-Semarang-Solo-Yogyakarta PP, Ciputat-Surabaya-Malang PP, dan Ciputat-Bandar Lampung PP.

Baca juga: Cara Menghadapi Lane Hogger di Jalan Tol

Ilustrasi bus DAMRI melewati rute AKAP.Dok. DAMRI Ilustrasi bus DAMRI melewati rute AKAP.

“DAMRI menyadari tingginya animo pelanggan akan titik keberangkatan dari daerah Tangerang Selatan untuk bepergian antarwilayah. Oleh karena itu, DAMRI menghadirkan layanan AKAP di Ciputat,” ujar Corporate Secretary DAMRI, Chrystian R. M. Pohan, dalam keterangan resmi, Senin (23/9/2024).

Pool DAMRI Ciputat tersedia di Jl. RE Martadinata No.1, Cipayung, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15411 sebagai titik keberangkatan layanan-layanan baru tersebut.

Pohan menjelaskan bahwa operasional untuk layanan menuju Wonosobo, Yogyakarta, dan Malang tersedia di pukul 17.00 WIB. Sementara, perjalanan menuju Bandar Lampung tersedia pukul 20.00 WIB.

Baca juga: Alasan Kenapa Tutup Tangki Motor Trail Ada Selangnya

Sedangkan untuk layanan Ciputat-Purwokerto-Wonosobo di kelas bisnis dikenakan tarif Rp 180.000 untuk tujuan akhir di Purwokerto, dan Rp 210.000 untuk tujuan akhir di Wonosobo.

Titik tujuan di Purwokerto tersedia di Pool DAMRI Purwokerto dan Wonosobo di Terminal Wonosobo.

Kemudian untuk layanan Ciputat-Semarang-Solo-Yogyakarta PP hadir dengan tarif Rp 225.000 untuk tujuan akhir Semarang, dan Rp 240.000 untuk tujuan akhir Yogyakarta di kelas bisnis.

Baca juga: Masih Gratis, 74.518 Kendaraan Lintasi Jalan Tol Solo-Jogja

Ilustrasi bus DAMRIDok. DAMRI Ilustrasi bus DAMRI

Titik tujuan di Semarang tersedia di Kantor Pemasaran DAMRI Semarang Jl. Walisongo, Solo di Kantor Pemasaran DAMRI Surakarta, dan Yogyakarta di Pool DAMRI Yogyakarta.

“Pelanggan juga bisa menggunakan layanan Ciputat-Surabaya-Malang dengan tarif terjangkau sebesar Rp 380.000 untuk tujuan akhir Surabaya maupun Rp 410.000 untuk tujuan akhir Malang di kelas eksekutif,” ucap Pohan.

"Titik tujuan di Surabaya tersedia di Terminal Bungur Asih dan Malang di Kantor Pemasaran DAMRI Malang," kata dia.

Baca juga: Dampak Sering Gonta-ganti Merek Oli pada Mesin Motor

Ilustrasi penumpang bus DAMRIDok. DAMRI Ilustrasi penumpang bus DAMRI

Sementara, tujuan Bandar Lampung dilayani kelas eksekutif dengan tarif Rp 320.000 dan titik akhir di Kantor Pemasaran DAMRI Metro.

Lokasi keberangkatan di Pool DAMRI Ciputat menjadikannya titik keberangkatan yang strategis di Jakarta Selatan, karena terkoneksi dengan layanan Transjakarta S21 Ciputat-Kejaksaan Agung dan S22 Ciputat-Kampung Rambutan.

“DAMRI juga menghadirkan layanan Pemadu Moda Ciputat-Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan tarif Rp 90.000,” kata Pohan.

Baca juga: Begini Jadinya kalau Stargazer Punya Model Pintu Geser

Ilustrasi bus DAMRI rute Jakarta-PurwokertoDok. DAMRI Ilustrasi bus DAMRI rute Jakarta-Purwokerto

Dalam menghadirkan layanan baru tersebut, DAMRI memastikan bahwa persiapan armada dan fasilitas pendukung telah dipersiapkan dengan matang.

“Armada DAMRI sudah melalui pengecekan menyeluruh demi menghadirkan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman,” ujar Pohan.

Untuk menggunakan layanan tersebut, pelanggan dapat melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi DAMRI Apps, aplikasi pihak ketiga yang bekerja sama dengan DAMRI, maupun on the spot secara cashless via QRIS, Emoney, Debit Card, atau Credit Card di loket yang tersedia.

“DAMRI berharap bahwa melalui pembukaan layanan baru dari Ciputat ini, pelanggan dapat semakin mudah mengakses layanan DAMRI dan bepergian menuju Wonosobo, Yogyakarta, Malang, hingga Bandar Lampung,” ucap Pohan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau