Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Buru-buru Pasang Dongkrak Saat Mau Lepas Roda Mobil

Kompas.com - 21/09/2024, 17:21 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Melepas roda mobil bukan perkara mudah bagi sebagian orang, namun dalam kondisi darurat setiap orang harus bisa.

Dalam praktiknya, melepas roda memang harus memasang dongkrak agar bodi mobil mau mengambang dari permukaan tanah. Lalu roda bisa dilepas dan diganti dengan yang kondisinya baik.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan ada cara efektif untuk melepas roda mobil, yakni dengan memperhatikan urutan prosesnya.

Baca juga: Alasan Kenapa Mengencangkan Mur Roda Mobil Harus Menyilang


“Melepas roda, yang terbayang kan harus pasang dongkrak dulu baru roda bisa dilepas, nah sebenarnya agar lebih efektif, sebelum pasang dongkrak mur roda harus dikendurkan terlebih dulu, setengah putaran saja, jangan sampai terlepas,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Jumat (20/9/2024).

Hardi mengatakan, mengendurkan mur dengan posisi roda menggantung membutuhkan usaha lebih dan berbahaya, karena entakan bisa membuat bodi mobil goyang dan membebani dongkrak.

“Mengendurkan mur kan butuh gaya puntir, sedangkan roda yang sudah menggantung akan kehilangan cengkeraman dengan permukaan tanah, sehingga roda harus ditahan atau mengerem,” ucap Hardi.

Baca juga: Cara Bongkar Pasang Roda Mobil yang Baik dan Benar

Pasang roda mobil wajib pakai kunci torsi Suzuki doc. Pasang roda mobil wajib pakai kunci torsi

Selain harus menahan roda agar tak berputar, menurut Hardi, gaya puntir saat mengendurkan mur akan membuat bodi mobil mengayun. Sehingga berpotensi membebani dongkrak bahkan berisiko melejit.

“Sebelum memasang dongkrak, konsumen juga wajib mengganjal roda yang tidak terangkat, sebagai pengaman agar mobil tidak bergeser, penting juga memperhatikan lifting point (bagian bodi mobil yang aman untuk dipasang dongkrak),” ucap Hardi.

Hardi mengatakan, pemasangan dongkrak yang tidak tepat pada lifting point berpotensi merusak sasis mobil dan membuatnya tidak terangkat dengan stabil.

Nah, itu tadi hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang dongkrak saat hendak melepas roda mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau