Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Ini Biang Kerok Mesin Mobil Overheat Saat Jalan Macet

Kompas.com - 17/09/2024, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Kondisi lalu lintas macet bisa membuat mesin mobil mengalami overheating atau panas berlebih. Terlebih lagi performa sistem pendingin sedang tidak prima.

Saat mobil berhenti, maka pendinginan air radiator hanya mengandalkan kipas, berbeda dengan saat kendaraan melaju, bakal ada angin dari depan.

Angin dari arah depan saat mobil melaju bakal dimanfaatkan oleh sistem pendingin mesin, untuk menyerap panas air radiator, sehingga beban kerjanya lebih ringan.

Baca juga: Periksa Kualitas Oli Setelah Kendaraan Terjebak Macet Lama


Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan penyebab mesin mobil overheating saat terjebak macet cukup banyak.

“Misal radiatornya sudah mulai pampat, kualitas coolant menurun, motor kipas lemah, dan sejenisnya maka akan membuat proses penyerapan panas mesin tidak optimal,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Senin (16/9/2024).

Hardi mengatakan, performa sistem pendingin yang sedang tidak prima ini akan membuat suhu mesin perlahan mengalami kenaikan. Pada suatu titik akan memunculkan tanda overheat pada mesin.

Baca juga: Terjebak Macet Arus Balik Libur Panjang di Cipularang, Warga: Berangkat Sore, Sampai Rumah Subuh

Situasi arus lalu lintas di jalur wisata Puncak Bogor, Jawa Barat, Minggu (7/7/2024).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus lalu lintas di jalur wisata Puncak Bogor, Jawa Barat, Minggu (7/7/2024).

“Saat overheat, air radiator cenderung bakal mendidih, sehingga sebagian masuk ke tangki reservoir dalam jumlah besar, bahkan meluap, lama-lama jumlah air radiator berkurang,” ucap Hardi.

Overheating akan lebih parah lagi, menurut Hardi, ketika mobil terjebak macet di tanjakan. Kondisi ini tak hanya membuat sistem pendingin kerja keras, tapi beban mesin juga berat.

“Panas mesin akan meningkat seiring naiknya putaran mesin atau Rpm, sumber panas mesin adalah dari proses pembakaran BBM dan udara di ruang bakar,” ucap Hardi.

Baca juga: Penyebab Macet Horor di Puncak Bogor Saat Libur Panjang

Jadi, penyebab mesin mobil mengalami overheating ketika lalu lintas macet, bisa disebabkan sistem pendingin yang sedang tidak prima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau