Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHM Berdayakan Generasi Muda melalui AHM Best Student 2024

Kompas.com - 11/09/2024, 15:21 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam upaya mendorong inovasi di kalangan pelajar, PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar kompetisi AHM Best Student (AHMBS), yang telah memasuki tahun ke-22.

Kompetisi ini bertujuan memberikan kesempatan bagi siswa SMA, SMK, dan Madrasah Aliyah untuk mengembangkan ide-ide inovatif yang berfokus pada isu sosial dan lingkungan.

Dengan mengusung tema "Muda Berkarya Majukan Bangsa," para peserta ditantang untuk menciptakan gagasan yang mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Fokus mereka termasuk isu pendidikan, lingkungan, kesehatan, serta pemberdayaan ekonomi.

Baca juga: Tantangan Zeekr Dalam Mendesain Mobil Listrik

Vica Vayerawita, Head of CSR PT Wahana Makmur Sejati, menjelaskan bahwa program ini bertujuan melibatkan siswa dalam mencari solusi praktis terhadap masalah sosial.

“Program ini memberikan ruang bagi siswa untuk memikirkan bagaimana inovasi bisa berdampak langsung pada masyarakat,” ujarnya.

Tahun ini, partisipasi sekolah meningkat lebih dari 50 persen, dengan 79 sekolah dari Jakarta dan Tangerang mengirimkan peserta. Meski terjadi lonjakan jumlah peserta, proses seleksi tetap ketat untuk memilih ide-ide yang paling inovatif dan relevan dengan tantangan di masyarakat.

AHM Best Student 2024.AHM AHM Best Student 2024.

Ahmad Fauzi, guru pembimbing di SMAIT Al-Halimiyah Jakarta, melihat ajang ini sebagai sarana yang efektif untuk mengasah kemampuan berpikir kritis siswa.

"Kompetisi ini memberikan pengalaman berharga bagi siswa dalam melihat bagaimana ide mereka bisa diterapkan di dunia nyata," katanya.

Setelah melalui tahap seleksi, tiga siswa dari wilayah Jakarta-Tangerang terpilih untuk melanjutkan ke babak nasional. Salah satu finalis, Kira Aura Aisyah, mengaku bahwa program ini membantunya memahami lebih dalam tentang bagaimana inovasi bisa membawa dampak yang luas.

Baca juga: Modifikasi Honda Steed 600 Ala Frontwheel Motorcycle

Di tingkat nasional, para peserta akan melalui seleksi karya tulis dan wawancara daring. Tahun lalu, perwakilan dari Jakarta, Rafila Anindya Ahmad, berhasil meraih juara gold di kategori ide. Prestasi tersebut kini menjadi inspirasi bagi peserta baru untuk terus mengeksplorasi ide dan solusi inovatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau