Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Lebih Murah Rp 126 Jutaan, Neta X Lebih Laku di Thailand

Kompas.com - 27/08/2024, 19:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen mobil listrik asal China, Neta Auto mengumumkan keberhasilannya dalam menggarap pasar Asia Tenggara atau ASEAN, salah satunya Thailand, melalui peluncuran model Neta X.

Dalam keterangan resmi perusahaan, produk tersebut bahkan berhasil torehkan 1.000 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) hanya dalam tiga hari peluncurannya. Hal ini sontak menjadi momen bersejarah Neta Global dalam upaya ekspansi ke pasar internasional.

Torehan tersebut sekaligus membuat pasar otomotif Thailand lebih menjanjikan dibandingkan Indonesia bagi Neta. Mengingat selama 12 hari pergelaran GIIAS 2024 lalu, meski mengalami peningkatan hampir 2 kali lipat, perusahaan hanya mencapai 327 SPK saja.

Baca juga: Apa Benar Busi Berkualitas Bikin Kendaraan Lebih Irit BBM? 

NETA X raih 1000 SPK di Thailand.NETA AUTO NETA X raih 1000 SPK di Thailand.

Padahal pada momen itu, perusahaan juga melakukan perkenalan model Neta X untuk pertama kalinya ke masyarakat dalam negeri. Bagi yang beminat, bisa melakukan pemesanan awal dengan harga Rp 460 juta - Rp 490 juta.

Meski begitu, rencana Neta untuk tumbuh bersama Indonesia masih sesuai trek. Perusahaan tidak mengubah rencana untuk merakit beberapa model andalannya melalui pabrik rekanan PT Handal Indonesia Motor di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

Aktivitas produksi Neta di Indonesia sendiri dimulai pada April 2024 dengan merakit lokal model Neta V yang kemudian digantikan Neta V-II melalui skema completely knocked down (CKD).

Kembali ke pergerakkan Neta Auto di Thailand, sebelumnya perusahaan sudah memulai produksi skala besar lewat pabrik Eco-Smart Neta Auto pada Maret 2024 lalu dengan apasitas tahunan mencapai 30.000 unit.

Adapun salah satu produk yang dirakit mereka ialah Neta X, sehingga kendaraan dijual dengan harga lebih murah dibanding Indonesia, yaitu dari 739.000 Baht atau Rp 336 jutaan, sampai 799.000 Baht alias Rp 364 jutaan.

Neta X sendiri menawarkan berbagai keunggulan, termasuk interior yang luas dan nyaman (4.619 mm x 1.860 mm x 1.628 mm) dapat menampung lima orang dengan wheelbase 2770mm, dan bagasi double-decker dengan kapasitas 508L (1.388L jika kursi baris kedua dilipat).

Baca juga: Efek Buruk Kaki Kiri Sering Nempel di Pedal Kopling Mobil 

Neta V-IIFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Prabowo Neta V-II

Dari segi eksterior, Neta X menonjol dengan desain avant-garde, pencahayaan LED futuristik, kamera 360 derajat untuk keamanan yang lebih baik, dan lampu depan LED penuh dengan Intelligent High Beam.

Ditenagai motor 120 kW, torsi 210 Nm, dan baterai 63,56 kWh yang menawarkan jarak hingga 480 km per pengisian, SUV ini tersedia dalam empat warna.

"Peluncuran NETA X di Asia Tenggara adalah momen bersejarah bagi kami. Dengan respons yang sangat positif dari pasar, kami semakin yakin bahwa strategi globalisasi kami berjalan sesuai rencana," kata CEO Neta Auto, Daniel Zhang dalam keterangannya, Selasa (27/8/2024).

"Kami berkomitmen untuk menghadirkan inovasi yang tidak hanya memenuhi, tetapi melampaui ekspektasi pelanggan kami di seluruh dunia," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau