Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah Sistem Radar di Ducati Multistrada V4 RS

Kompas.com - 19/08/2024, 15:06 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Ducati Multistrada V4 jadi sepeda motor petualang pertama yang menyematkan radar di bagian depan dan belakang. Bahkan di versi paling kencang yang baru meluncur yakni V4 RS juga dilengkapi dua radar tersebut.

Radar yang ada di depan dipasang di tengah-tengah lampu utama. Sedangkan buat yang belakang, posisinya tepat di bawah lampu rem, sudah terintegrasi jadi tidak terlalu kelihatan bentuknya.

Secara fitur, radar tersebut membuat motor mempunya fitur adaptive cruise control (ACC) dan blind spot detection. Jadi fitur yang ada di mobil sekarang juga sudah hadir di motor, salah satunya Ducati Multistrada V4.

Baca juga: Ducati Official Club Indonesia Resmi Punya Presiden Baru


Dito Mulyawadi, Aftersales Director Ducati Indonesia menjelaskan, cara kerja kedua sistem di Multistrada V4 sama seperti di mobil.

"Sama saja seperti di mobil. Nanti dia gas dan rem sendiri mengikuti kendaraan yang di depan," kata Dito di Tangerang belum lama ini.

Menyetel ACC juga dengan mudah dilakukan, pakai tombol yang ada di sisi kiri setang. Cuma ACC baru bisa diaktifkan saat di atas kecepatan 30 Kpj dan akan mati sendiri kalau motor di bawah 30 Kpj.

Baca juga: Penyakit yang Sering Ditemui pada Mobil Transmisi CVT

Ducati Multistrada V4 RS resmi meluncur di Indonesia Kompas.com/Fathan Ducati Multistrada V4 RS resmi meluncur di Indonesia

Dito menjelaskan, sistem ACC bakal mengikuti kecepatan kendaraan yang ada di depan. Bahkan di beberapa kondisi harus turun dan naik gigi, semua ada indikatornya di layar instrumen.

"Jadi tinggal naik atau turunkan saja, kan sudah quick shifter (tidak usah tarik kopling)," kata Dito.

Sedangkan buat blind spot detection, ada lampu LED di bagian spion. Jadi kalau ada kendaraan yang masuk ke blind spot, maka lampu LED tadi menyala kuning.

Lalu kalau motor tetap belok dan ada kendaraan di blind spot, lampu LED tadi akan berkedip sebagai pengingat ada mobil atau motor. Jadi bisa dilihat cara kerjanya sama dengan yang sudah digunakan di mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau