Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Suzuki Meluncurkan Mobil Strong Hybrid?

Kompas.com - 27/07/2024, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memang telah meluncurkan teknologi hybrid lewat Ertiga Hybrid dan XL7 Hybrid. Meski begitu kedua mobil ini tidak termasuk dalam kategori Strong Hybrid, melainkan SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) atau Mild Hybrid.

SHVS adalah sistem hibrida ringan yang menggabungkan mesin pembakaran internal dengan generator starter terintegrasi dan baterai lithium-ion.

Teknologi ini dirancang untuk mengoptimalkan penggunaan bahan bakar dan meminimalisirnya saat tidak diperlukan.

Baca juga: Suzuki Fronx Siap Meluncur di Jepang Agustus 2024

Ilustrasi mesin Suzuki Ertiga HybridDok. SIS Ilustrasi mesin Suzuki Ertiga Hybrid

Kombinasi tersebut diklaim dapat memberikan efisiensi yang lebih baik ketimbang mesin ICE dan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca

Walau demikian, mobil Strong Hybrid dari Suzuki tak kunjung hadir. Padahal di India, Suzuki telah mengembangkan Swift baru yang dilengkapi mesin 1.200 cc tiga silinder dengan kode Z12E.

Saat ditanya mengenai rencana Suzuki perihal mobil Strong Hybrid, Deputy Managing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Dony Ismi Himawan Saputra mengatakan, teknologi Mild Hybrid tentu bakal jadi langkah awal perusahaan menuju teknologi yang lebih canggih.

Baca juga: Ahok Jajal BYD M6, Sebut Kabinnya Sempit

“Ini stepping awal kami ke sana. Nah, dari awal kami akan ada langkah-langkah selanjutnya, termasuk adalah bagaimana kami memperkenalkan BEV untuk Suzuki,” ujar Dony di Tangerang (17/7/2024).

“Apakah akan ada Strong Hybrid dan sebagainya, tentunya ini strategi korporasi kami yang belum disampaikan saat ini. Tapi dengan kami memperkenalkan BEV konsep, ini kami secara overall memperlihatkan komitmen dengan bagaimana kami membuat mobil ramah lingkungan dari Suzuki,” kata dia.

Kombinasi mesin konvensional dan motor listrik itu diklaim membuat Swift jadi mobil paling hemat BBM di India. Konsumsi bahan bakarnya bisa menembus 35 kpl-40 kpl dalam pengetesan ARAI-rated.

Sebagai perbandingan, Swift yang sekarang dijual dengan mesin bensin menghasilkan konsumsi bahan bakar sekitar 22,56 kpl sampai 24,1 kpl.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau