Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Airlangga Beri Perhatian Khusus buat Mobil Listrik di GIIAS 2024

Kompas.com - 24/07/2024, 14:11 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Tepat satu pekan penyelenggaraan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan kunjungan.

Bersama kandidat bakal calon wakil gubernur Jakarta Pilkada 2024 Jusuf Hamka dan Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, ia menyempatkan berkeliling lantai pameran.

"Hal ini menunjukkan bahwa gairah mobil listrik semakin baik, terbukti pada pilihan yang semakin banyak dan harga semakin murah," katanya di ICE BSD City, Tangerang, Rabu (24/7/2024).

Baca juga: BYD Tanggapi Kebijakan Pemerintah Terkait Kendaraan Listrik

Kunjungan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ke GIIAS 2024KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Kunjungan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ke GIIAS 2024

Pada kunjungan yang menghabiskan waktu dua jam itu, Airlangga mendatangi dan melihat langsung mobil keluarga listrik baru asal China, BYD M6.

Tak berselang lama, ia mampir ke VinFast yang memajang model VF e34, VF5, sampai VF8. Dirinya pun mengapresiasi komitmen produsen otomotif Vietnam itu di Indonesia.

Setelahnya Airlangga menghampiri Plaza Indomobil yang dimulai dari GAC Aion. Dari tiga jajaran produk yang dipajang, waktu paling lama dihabiskan pada Hyptec HT.

"Ini bagus kalau diproduksi lokal," katanya.

Kunjungan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ke GIIAS 2024KOMPAS.com/Adityo Kunjungan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ke GIIAS 2024

Kunjungan hall 3a dihabiskan dengan melihat langsung jajaran produk Mercedes-Benz dan Volkswagen (VW), tepatnya VW ID Buzz yang dihargai Rp 1,3 miliar.

Jelang memasuki hall 5, Airlangga menyempatkan diri masuk ke arena BMW Group Indonesia dengan melihat Seri 5 terbaru. Tapi dirinya tidak menghabiskan waktu lama.

Pada booth Toyota, ia terlihat antusias terhadap Prius HEV. Apalagi perusahaan sudah menyiapkan kelir khusus sesuai kesukaannya, warna kuning.

Berlanjut ke Honda, Airlangga melihat dan menanyakan langsung masa depan EN:1 di Tanah Air. Setelahnya, ia ke Lexus sambil beristirahat sejenak.

Baca juga: Honda HR-V Mugen Mejeng di GIIAS 2024, Ganteng!

Kunjungan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ke GIIAS 2024KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Kunjungan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ke GIIAS 2024

Sementara itu, di Daihatsu berswafoto dengan Rocky Hybrid yang tidak kunjung dijual ke pasar dalam negeri dan Wuling.

Hyundai dan Mitsubishi merupakan kunjungan terakhir Airlangga sebelum pada akhirnya ke hall-11 GIIAS 2024 untuk bertemu dengan bos BAIC dan Kalista.

Sebagaimana kunjungan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pekan lalu, Airlangga penasaran dengan kandungan lokal Kona Electric baru. Sebab mobil merupakan satu-satunya BEV dengan TKDN 60 persen saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau