Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Alasan Ganti Ban Mobil Tidak Boleh Beda Merek | Pajak Mobil Hybrid Siap Naik | Motor Listrik Terbaru Honda Bakal Hadir di GIIAS 2024

Kompas.com - 17/07/2024, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berita mengapa mengganti ban mobil tidak boleh beda merek menarik banyak pembaca. Selain itu, banyak juga yang penasaran dengan pajak mobil hybrid yang siap naik.

Tak ketinggalan, banyak yang ingin tahu soal motor listrik terbaru Honda yang bakal hadir di GIIAS 2024. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini deretan artikel otomotif terpopuler pada Selasa (16/7/2024):

1. Alasan Ganti Ban Mobil Tidak Boleh Beda Merek

Ilustrasi pengecekan roda mobil untuk spooring dan balancingDOK. Bridgestone Ilustrasi pengecekan roda mobil untuk spooring dan balancing

Seperti diketahui, ban mobil memiliki masa pakai. Karena itu, seiring dengan penggunaanya, kondisi ban bisa mengalami keausan dan wajib diganti.

Ketika melakukan penggantian ban, idealnya dilakukan sekaligus atau satu set. Namun banyak juga pemilik mobil yang mengganti ban hanya sepasang, baik depan atau belakang saja karena adanya pertimbangan tertentu.

Baca juga: Alasan Ganti Ban Mobil Tidak Boleh Beda Merek

2. Ini Dia Yamaha RX-King 4-Tak, Dijual Rp 60 Juta

Modifikasi motor RX-King pakai basis Ninja 250Dok. Wafarel98 Modifikasi motor RX-King pakai basis Ninja 250

Yamaha RX-King merupakan salah satu motor keluaran tahun 1990 hingga 2000-an yang masih banyak penggemarnya. Namun, karena mesin 2 tak sudah tak memenuhi ambang batas regulasi emisi, motor ini harus disuntik mati dan tidak dilanjutkan penjualannya.

Mimpi para penggemar agar RX-King mengusung mesin 4 tak sepertinya bisa menjadi kenyataan. Salah satunya berkat karya Wafarel98, bengkel modifikasi dan jual beli motor custom di Sukabumi, Jawa Barat, yang menerima pesanan RX-King 4 tak.

Baca juga: Ini Dia Yamaha RX-King 4-Tak, Dijual Rp 60 Juta

3. Pajak Mobil Hybrid Siap Naik, Kemenperin Upayakan Harmonisasi

Presiden RI Joko Widodo bersama Executive Chairman Hyundai Motor Group Euisun Chung mengunjungi pabrik sel baterai terintegrasi pertama di Indonesia dari PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power yang berlokasi di Karawang New Industry City (KNIC), Jawa Barat pada Rabu (3/7/2024).dok.HLI Presiden RI Joko Widodo bersama Executive Chairman Hyundai Motor Group Euisun Chung mengunjungi pabrik sel baterai terintegrasi pertama di Indonesia dari PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power yang berlokasi di Karawang New Industry City (KNIC), Jawa Barat pada Rabu (3/7/2024).

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya untuk melakukan harmonisasi terhadap Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil hybrid guna meningkatkan daya saing Indonesia di kawasan.

Pasalnya, instrumen perpajakan tersebut berpotensi disesuaikan kembali setelah adanya realisasi investasi senilai Rp 142 triliun dari konsorsium Hyundai dan LG Energy, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 74/2021.

Baca juga: Pajak Mobil Hybrid Siap Naik, Kemenperin Upayakan Harmonisasi

4. Mini Generasi Terbaru Siap Melantai di GIIAS 2024

Generasi terbaru Mini Cooper S EV yang dipasarkan di Indonesia dengan nama Mini ElectricDok. Carscoops.com Generasi terbaru Mini Cooper S EV yang dipasarkan di Indonesia dengan nama Mini Electric

Mini Indonesia dipastikan bakal meluncurkan generasi terbaru dari Mini Cooper. SUV ikonik asal Britania Raya ini akan melantai di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 18-28 Juli 2024 di ICE BSD City, Tangerang.

Informasi ini terungkap saat redaksi Kompas.com coba mengintip persiapan booth Mini yang terletak di Convention Hall, pada Senin (17/5/2024). Meskipun masih dalam tahap persiapan dan pembangunan di sana-sini, booth Mini sudah terlihat bentuknya.

Baca juga: Mini Generasi Terbaru Siap Melantai di GIIAS 2024

5. Motor Listrik Terbaru Honda Bakal Hadir di GIIAS 2024

Honda MotocompactoACURANEW.com Honda Motocompacto

Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 bakal memamerkan beragam teknologi otomotif terkini buat para pengunjung. Dari booth Honda yang berlokasi di Hall 6B ICE BSD City di Tangerang, Banten, terlihat pabrikan Jepang bakal membawa motor listrik ringkas Motocompacto.

Hal ini berdasarkan pantauan Kompas.com pada Senin (15/7/2024), terlihat sebuah area di dalam booth yang bertuliskan ‘Motocompacto Test Ride’.

Baca juga: Motor Listrik Terbaru Honda Bakal Hadir di GIIAS 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau