Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Aksi Jahil Sejumlah Bocah Ini Bahayakan Pengguna Jalan Lain

Kompas.com - 16/07/2024, 16:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video yang memperlihatkan aksi jahil dilakukan sejumlah bocah kepada pengguna jalan raya.

Video tersebut diunggah oleh akun Fakta Indo, Senin (15/7/2024). Dalam tayangan itu mulanya memperlihatkan pengguna jalan raya yang sedang melewati salah satu ruas jalan di Kota Dumai, Riau.

Tak berselang lama, tampak pocong palsu yang dijatuhkan dari papan penunjuk jalan oleh sejumlah bocah. Sontak aksi itu pun membuat pengguna jalan yang melintas jengkel, kaget dan ketakutan akan aksi anak-anak tersebut.

Baca juga: VinFast Gelontorkan Rp 1 Triliun Bangun Charging Station di RI

“Ini ya gais ya orang kurang kerjaan, dia akan turunin ini (pocong). Pak polisi tolong amankan ya, orang bisa serangan jantung,” ucap perekam video tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Fakta Group | Fakta Indo (@fakta.indo)

Menanggapi hal ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, kejadian tersebut bisa membahayakan dan menyebabkan pengguna jalan lain alami kecelakaan.

“Yang bikin kaget justru unsur horornya, sekalipun itu hanya bercandaan tetapi bisa bikin orang kecelakaan. Dalam hal ini, mereka yang iseng seharusnya bisa ditindak karena bisa menyebabkan kecelakaan,” ucap Sony, kepada Kompas.com, Senin (15/7/2024).

Baca juga: Bocoran Mobil Baru MG yang Meluncur di GIIAS 2024

Untuk itu Sony menyarankan setiap pengemudi memiliki sikap defensif. Pasalnya tipe pengemudi seperti ini akan menjaga jarak dan bisa mengantisipasi jika ada bahaya atau kejadian tak terduga di depan.

“Sebagai pengemudi defensif sebenarnya ini tidak ada masalah, karena jaga jarak dan penuh rasa antisipatif,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau