Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Menolong Korban Kecelakaan Motor Jangan Langsung Diangkat

Kompas.com - 14/07/2024, 13:01 WIB
Selma Aulia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Terekam video seorang polisi dan warga sekitar yang menolong korban kecelakaan di sekitar lampu merah Universitas Negeri Islam (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sabtu (14/7/2024).

Dalam video unggahan akun Instagram @merapi_uncover, terlihat polisi menolong korban kecelakaan yang jatuh dan tergeletak di tengah jalan dengan kondisi lalu lintas padat.

Namun, dalam unggahan tersebut tidak dijelaskan bagaimana kronologi insiden tersebut terjadi.

“Kronologi kurang tau, tapi salut pak poll sama orang sekitar langsung bantu, Tetap Hati-hati di jalan. Jaga jarak aman dan selalu perhatikan kendaraan di sekitarmu,” tulis video tersebut.

Baca juga: Daftar Harga Honda Brio Bekas, Dijual mulai Rp 100 Jutaan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Merapi Uncover (@merapi_uncover)

Namun, ada salah satu warganet berkomentar, jika orang yang tergeletak tersebut bukan rebahan namun menahan sakit karena kaget.

“Yang blm tau kenapa bapaknya malah rebahan, itu bukan rebahan tpi ini bapaknya nahan sakit akibat shock ada benturan di badannya/cidera bagian dalam. biasanya klo yang udah sepuh yang bakal bereaksi begini. sebaiknya jangan langsung dibangunkan, atau kalau mau dipindah bisa pake tandu,” tulis akun @kameehamehaaa.

Komentar tersebut juga dibalas oleh @erma.lusia, yang setuju dengan pernyataan diatas dan jika nekat mengevakuasi sendiri tanpa tenaga medis bisa berakibat fatal.

“Bener bang, evakuasi mmg harus hati².. kita tanya dlu, badan bisa digerakin apa engga.. kalo engga, bisa jd patah tulang. Maka yg bisa mindain hanya tim medis.. kalo org awam bisa memperparah cedera itu sendiri,” tulis akun @erma.lusia.

Baca juga: Pilih Marquez, Ducati Dituding Khianati Konsep Pebalap Muda

Sementara, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, hal yang pertama harus dilakukan saat ada korban kecelakaan di jalan adalah memastikan kondisinya, apakah dalam keadaan sadar atau tidak.

Kalau kondisinya sadar, bisa ditanya bagian mana yang terasa sakit agar tidak salah dalam membantu nantinya. Apabila sudah tahu, bisa melepaskan helm korban dengan aman.

“Kalau korban tidak bisa bergerak, sebaiknya menunggu bantuan ambulans atau petugas medis agar segera ditangani ke rumah sakit,” kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Perlu dipahami, ketika melihat korban kecelakaan tidak bisa langsung diangkat atau pindah korban, karena ada potensi cedera pada tubuh korban semakin parah.

Memastikan korban sadar adalah langkah pertama saat melihat ada kecelakaan, setelah itu menelepon ambulans untuk memberikan pertolongan yang lebih sesuai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau