Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Kebersihan Komponen Ini agar Mobil Prima Lebih Tahan Lama

Kompas.com - 13/07/2024, 09:42 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil membutuhkan perawatan agar performa tetap prima. Salah satu komponen yang mudah dirawat sendiri dari rumah adalah filter udara.

Komponen ini menyaring debu dan partikel asing yang terbawa oleh udara bebas. Sehingga, udara yang masuk ke ruang bakar dalam kondisi bersih.

Muchlis, pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service Sukoharjo, mengatakan, udara yang terbebas dari partikel asing dan kotoran dapat menjaga performa mesin.

Baca juga: Manfaat Filter Solar Tambahan pada Mobil Diesel


“Agar performa mesin optimal, maka mobil perlu dirawat secara rutin, salah satunya membersihkan filter udara sehingga suplai udara tetap cukup guna mencapai kesempurnaan pembakaran,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, belum lama ini.

Muchlis mengatakan, filter udara yang kotor bisa mengakibatkan pembakaran tidak sempurna sehingga tenaga dan torsi tidak maksimal saat mobil dioperasikan.

Hardi Wibowo, pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan, filter udara berperan sebagai penyaring udara masuk ke ruang bakar sehingga kualitas udara menjadi bersih atau terhindar dari partikel asing.

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat Ganti Filter Udara Sepeda Motor

Mesin mobil merupakan komponen utama dalam pengecekan mobil tua.Auto2000 Mesin mobil merupakan komponen utama dalam pengecekan mobil tua.

“Seiring pemakaian, filter udara bisa kotor karena terjadi penumpukan debu dan partikel lainnya sehingga kemampuannya menjadi menurun, ada peluang udara yang masuk menjadi kotor,” ucap Hardi kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Hardi mengatakan, partikel asing yang masuk ke ruang bakar dapat mengurangi jumlah udara sekaligus mengotori sensor udara dan bagian lainnya.

“Mesin membutuhkan udara bukan debu atau partikel lainnya sehingga partikel asing ini perlu disingkirkan dengan cara menyaringnya, selain bisa menurunkan performa komponen dalam mesin menjadi lebih cepat kotor,” ucap Hardi.

Baca juga: Bawa Durian di Dalam Mobil, Filter AC Tidak Bisa Diselamatkan

Mesin Mobil Ford Everest 2023 terbaru, dengan kubikasi 1.996 cc dan biturboKompas.com/Daafa Mesin Mobil Ford Everest 2023 terbaru, dengan kubikasi 1.996 cc dan biturbo

Hardi mengatakan, filter udara yang kotor juga justru bisa membuat aliran udara terganggu sehingga jumlah udara yang masuk lebih sedikit.

“Dampaknya, tenaga mesin menjadi loyo karena udara yang masuk kurang padat. Jika dibiarkan, ini akan membuat mobil terasa menjadi lebih boros BBM, dan bisa membuat mobil tidak sanggup menanjak,” ucap Hardi.

Jadi, menjaga kebersihan filter udara dapat dilakukan sendiri di rumah karena manfaatnya cukup besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau