Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Mobil Overheat, Jangan Terkecoh dengan Komponen yang Rusak

Kompas.com - 12/07/2024, 14:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com - Ketika mesin mobil mengalami overheat atau panas berlebih, artinya muncul tanda bahwa performanya sedang tidak prima. Maka dari itu wajib diperiksa untuk menemukan penyebabnya.

Namun, kebanyakan orang justru terkecoh dengan kerusakan komponennya saja. Sehingga perbaikan dilakukan sebatas mengganti tanpa melakukan analisis penyebabnya.

Elin Estanto, Pemilik GK Auto Service Gunung Kidul mengatakan memperbaiki komponen rusak saat mesin mobil overheat memang dibutuhkan tapi sebaiknya tidak berhenti di situ saja.

Baca juga: Seberapa Besar Risiko Radiator Mobil jikalau Bukan Pakai Coolant?


“Konsumen masih harus memikirkan apa penyebabnya, karena kerusakan komponen umumnya dipicu oleh masalah lainnya, misal radiator pecah maka harus dicari tahu apa penyebab pecahnya,” ucap Elin kepada Kompas.com, Kamis (11/7/2024).

Elin mengatakan jika konsumen hanya memperbaiki bagian radiator yang pecah maka peluang terjadi overheat bakal masih ada dan mengancam kerusakan lagi.

“Perlu dipastikan semua sistem pendingin baik agar radiator tidak pecah, mulai dari memeriksa kemampuan motor kipas radiator, saluran semua lancar, termostat bekerja normal dan tutup radiator masih prima,” ucap Elin.

Baca juga: Telat Ganti Coolant Radiator Mobil, Ini Dampak Kerugiannya

Tekan dengan jempol untuk memeriksa katup tekanan tinggi dan congkel dengan kuku jari untuk memeriksa katup vakum dari rumah, pastikan tidak macet!Kompas.com/Erwin Setiawan Tekan dengan jempol untuk memeriksa katup tekanan tinggi dan congkel dengan kuku jari untuk memeriksa katup vakum dari rumah, pastikan tidak macet!

Elin mengatakan ketika kipas radiator tidak berputar optimal maka suhu coolant cenderung lebih tinggi dan menyebabkan saluran radiator bertekanan tinggi lebih lama.

“Begitu juga ketika tutup radiator macet, maka tekanan radiator menjadi tidak stabil, tutup radiator lemah juga bisa bikin air radiator cepat habis, bagian ini harus diperiksa juga,” ucap Elin.

Elin mengatakan thermostat juga harus diperiksa karena bisa saja rusak yakni membuka terus menerus atau justru menutup terus. Dampaknya suhu coolant cenderung lebih tinggi.

Dampak yang sama, menurut Elin, juga bisa terjadi ketika pompa air sudah aus karena sirkulasi coolant menjadi tidak optimal.

Baca juga: Pilih Coolant untuk Radiator Jangan Terkecoh Warna

Indikator suhu air radiator mobil menunjukkan overheatTangkapan layar Indikator suhu air radiator mobil menunjukkan overheat

“Meski tidak akan menyebabkan lampu indikator suhu coolant menyala merah, tapi rentang suhunya bisa berada di atas 100 derajat celcius, suhu 111 derajat lampu indikator belum menyala tapi ini jangan dibiarkan!,” ucap Elin.

Jika suhu cenderung tinggi, menurut Elin, ancaman akan terus mengintai selama mobil dioperasikan terlebih lagi saat digunakan perjalanan jauh dengan medan menanjak dan bermuatan.

“Dampaknya radiator bisa pecah lagi di perjalanan, ini kan seharusnya bisa dihindari dengan melakukan pemeriksaan secara total saat ditemukan masalah pertama kali, jadi tak perlu bolak-balik ke bengkel,” ucap Elin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau