Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dani Pedrosa Siap Turun Balapan di MotoGP Jerez

Kompas.com - 14/04/2024, 10:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan pebalap MotoGP Dani Pedrosa siap balapan sebagai wildcard di MotoGP Jerez pada 26-28 April 2024 mendatang.

Tak hanya Pedrosa, Pol Espargaro juga dikonfirmasi akan turun sebagai wildcard pada putaran ketujuh, yakni MotoGP Italia di Mugello pada 31 Meo-1 Juni 2024.

Pada musim sebelumnya, Pedrosa tampak memukau dengan finis di posisi keenam balapan sprint dan posisi ketujuh saat balapan utama. Pedrosa melewati garis finis dengan selisih enam detik dari pemenang Grand Prix Jerez pada saat itu.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Amerika 2024, Vinales Pole Position

“Saya bersenang-senang di Jerez tahun lalu dan sambutan dari para penggemar luar biasa,” kata Pedrosa, dikutip dari Crash, Sabtu (13/4/2024).

“Kami semua tahu Jerez adalah tempat yang spesial. Bagi kami, penting juga menggunakan beberapa referensi untuk pengujian kami dan memasukkannya ke dalam lingkungan balapan lagi. Ini adalah alasan utama untuk bersaing di tahun 2024,” lanjut Pedrosa.

 

Sementara itu, Pol akan berkompetisi untuk pertama kalinya usai memutuskan mundur dari MotoGP tahun lalu, di mana posisinya saat ini digantikan oleh bintang rookie Pedro Acosta di GASGAS Tech3.

Adik kandung Aleix Espargaro itu mengaku senang bisa kembali balapan di kelas premier, terutama di salah satu sirkuit tercepat di MotoGP.

“Sangat senang bisa balapan lagi dan terutama di Mugello, yang merupakan tempat yang sangat spesial untuk mengendarai motor MotoGP. Akan sangat menyenangkan bisa kembali ke grid bersama teman-teman,” kata Pol.

Sebagai informasi, Pedrosa memutuskan untuk gantung helm pada akhir 2018 dan langsung menandatangani kontrak sebagai test rider KTM. Sejak saat itu, Pedrosa telah menjadi sosok yang penting dalam perkembangan RC16.

Baca juga: Aturan Baru Contra Flow Arus Balik, Kecepatan Maksimal Hanya 60 kpj

Lain hal dengan Pedrosa, ini menjadi tahun pertama Pol menjadi pebalap penguji KTM. Pol pertama kali terjun ke MotoGP pada 2014. Ia pernah membalap di Tech3 Yamaha, KTM, Honda dan kemudian kembali ke skuad GasGas Tech3 yang didukung KTM pada musim 2023.

Sayangnya, ia mengalami kecelakaan hebat pada 2023 yang membuat dirinya mesti istirahat total. Hal ini membuatnya harus hengkang dari GasGas Tech3 hingga akhirnya menjadi test rider bekerja sama dengan Pedrosa untuk mengembangkan motor KTM RC16.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com