Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Insiden Kecelakaan, Polisi Evaluasi Penerapan Skema Contraflow

Kompas.com - 09/04/2024, 06:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan mengevaluasi pemberlakuan rekayasa lalu lintas dengan sistem contraflow atau lawan arus sebagai buntut kecelakaan maut yang menewaskan 12 orang pada Senin (8/4/2024).

Evaluasi terdekat yang dilakukan, ada titik lain yang diubah menjadi one way dan contraflow dibuat berdasarkan situasi lapangan. Mengingat skema ini masih diperlukan untuk mengurai arus lalu lintas selama periode mudik Lebaran 2024.

"Kami rapatkan, evaluasi, sehingga titik-titik contraflow yang akan kami tempatkan yang kira-kira sesuai. Namun, di satu sisi memang contraflow tetap dibutuhkan," katanya dalam konferensi pers yang disiarkan daring di @TMCPolri, Selasa (9/4/2024).

Baca juga: Ajak Yaris Cross dan Zenix Hybrid ke Negeri di Atas Awas

Penyesuaian tarif integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ diberlakukan mulai Sabtu (09/03/2024) pukul 00.00 WIB.Dok. Jasa Marga Penyesuaian tarif integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ diberlakukan mulai Sabtu (09/03/2024) pukul 00.00 WIB.

"Akan kita ubah menjadi contraflow berdasarkan kebutuhan di lapangan," lanjut Sigit.

Kemudian ia juga meminta agar sosialisasi kepada para pengemudi soal pengaturan jalan agar lebih masif lagi dan pemudik tidak memaksakan diri saat melakukan perjalanan.

Dalam kesempatan terpisah, Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menjelaskan, penerapan contraflow di Km 47 ruas tol Jakarta-Cikampek hingga Km 70 ruas tol Cipali dimungkinkan karena memiliki jarak hanya 22 km.

Sebab, pada tahun 2023 ketika diberlakukan one way imbasnya pada kendaraan dari arah Bandung.

"Kenapa contraflow, karena jarak dari Km 47 ke Km 70 ini dianggap jarak yang memungkinkan 22 km," katanya.

Baca juga: Klarifikasi Soal Sopir Bus Mudik Gratis yang Pungut Iuran ke Penumpang

Atas diskresi Kepolisian, Jasa Marga akan melakukan uji coba pemindahan pintu masuk contraflow di Ruas Tol Dalam Kota arah Senayan/Bandara Soekarno Hatta.Dok. Jasa Marga Atas diskresi Kepolisian, Jasa Marga akan melakukan uji coba pemindahan pintu masuk contraflow di Ruas Tol Dalam Kota arah Senayan/Bandara Soekarno Hatta.

Meski begitu, kecelakaan di Km 58 menjadi bahan evaluasi pihaknya bersama pihak terkait, apakah pada penanganan arus balik masih dilaksanakan atau mencari formula baru rekayasa lalu lintas.

"Dengan kejadian ini, nanti pada arus balik, mungkin ada formula baru nanti akan kami bicarakan dengan seluruh stakeholders yang ada. Tentunya, semua ini untuk keselamatan dan kelancaran," kata Aan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com