Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Suzuki Jimny 5-Pintu yang Siap Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 04/01/2024, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Jimny 5-pintu menjadi salah satu produk yang banyak ditunggu oleh konsumen otomotif, tak hanya di global namun juga di Indonesia.

Salah satu tenaga penjual Suzuki memberi bocoran model lima pintu dari Jimny itu bakal diluncurkan pada Februari mendatang, tepatnya pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

“Diluncurkan di IIMS, ada pilihan transmisi manual (MT) dan otomatis (AT), masing-masing terdiri dari dua tipe warna, one tone dan two tone. Untuk kisaran harga yang MT Rp 462 juta, kalau AT Rp 484 juta,” ucap tenaga penjual Suzuki tersebut, kepada Kompas.com, Rabu (3/1/2024).

Baca juga: Quartararo Takut Lihat Marc Marquez Bersama Ducati

Menurutnya, secara spesifikasi tidak jauh berbeda dengan yang sudah meluncur di global. Sebab, Jimny 5-pintu merupakan unit Completely Build Up (CBU) dari India.

“Spesifikasi mesin sama dengan versi global. Interiornya dibekali head unit 9 inci terkoneksi dengan smartphone, dan sudah ada airbag enam titik juga,” kata dia.

Tenaga penjual itu juga mengatakan bahwa dilernya sudah membuka keran pemesanan dengan booking fee sebesar Rp 10 juta.

“Cukup Rp 10 juta untuk booking fee-nya. Untuk pemesanan kloter pertama bisa jadi lebih cepat dikirim setelah meluncur di IIMS, April harusnya sudah bisa diterima konsumen,” ucap tenaga penjual Suzuki itu.

Suzuki Jimny 5-DoorsDoc Carscoops Suzuki Jimny 5-Doors

Sebelumnya, 4W Marketing & Business Strategy Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel, mengatakan, pihaknya sedang berupaya untuk secepatnya memperkenalkan produk Jimny 5-pintu untuk pasar Indonesia.

“Pasti kita secepatnya untuk bisa mengenalkan produk tersebut. Sebab, impor Jimny sangat tinggi di Indonesia. Jadi segala sesuatu harus dipersiapkan,” kata Harold.

Suzuki diketahui juga telah mendaftarkan kode baru di kategori Jeep, dengan nomor GN5VX (4x4) yang disinyalir merupakan kode untuk Jimny 5 pintu yang akan hadir di Tanah Air.

Dari data yang muncul pada situs Badan pajak dan Retribusi Daerah Pemprov DKI Jakarta, kendaraan bertransmisi manual memiliki harga Rp 325 juta sedangkan yang bertransmisi otomatis harganya Rp 335 juta.

Namun, NJKB bukan harga patokan ketika mobil dipasarkan ke umum. Harga ini hanya menunjukkan nilai kendaraan sebelum dikenakan pajak penjualan seperti BBNKB, PPh, PPN dan lain-lain.

Suzuki Jimny 5-DoorsDoc Carscoops Suzuki Jimny 5-Doors

Bicara soal Jimny lima pintu, secara tampilan mobil ini memiliki model yang mirip dengan versi sebelumnya.

Mulai dari fascia depan, kap mesin, desain lampu, kaca depan, bumper depan dan belakang, serta over fender yang terlihat nyaris serupa dengan model tiga pintu. Hanya saja, mobil ini memiliki dimensi yang lebih panjang 340mm dari Jimny tiga pintu.

Baca juga: Kata United, Edukasi Berperan Genjot Penjualan Motor Listrik Subsidi

Jimny lima pintu dibekali dengan mesin 1.5 liter naturally aspirated yang mampu menghasilkan tenaga 130 Hp dan torsi 134 Nm.

Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan atau otomatis enam percepatan. Mobil ini juga dibekali penggerak All Wheel Drive (AWD) AllGrip Pro Suzuki yang memungkinkan Jimny lima pintu melibas medan offroad yang ekstrem sekalipun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com