Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Turis Asing Isi BBM Motor Matik Pakai Solar

Kompas.com - 10/09/2023, 12:55 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video yang memperlihatkan dua warga negara asing (WNA) salah mengisi bahan bakar pada sepeda motor sewaannya.

Rekaman tersebut diunggah oleh akun Instagram bernama Denpasar Viral Diketahui, kedua WNA tersebut mengisi sendiri tangki motornya dengan BBM jenis solar yakni PertaDex, di salah satu SPBU Bali.

Petugas SPBU yang melihat kejadian tersebut langsung mengeluarkan isi tangki motor dengan selang.

WADUH!! Motor diisi Solar, Ooh Tu Gek. Video viral sepeda motor diisi BBM jenis solar. Dalam keterangan "Mrs. Tu Gek" mengisi sendiri tangki motornya dengan PertaDex. Untung pegawai SPBU melihat kejadian itu, dan segera mengeluarkan isi tangki motor tersebut,” tulis keterangan tersebut.

Baca juga: Mobil Istri Gubernur NTB Tabrak Pengendara Motor, Ini Bahaya Ngebut di Jalan Umum

Video ini pun mendapat beragam komentar dari warganet. Tak sedikit yang menduga bahwa WNA tersebut mengisi bahan bakar di SPBU yang menggunakan sistem self service.

Banyak juga dari warganet yang bertanya efek dari salah melakukan pengisian bahan bakar.

“Kalo itu di biarkan dan di hidupin motornya kira" gimana ya?? Serius nanya,” tulis komentar @dina_alisbintang.

“Saya gak paham, efeknya apa ya…,” tulis akun @ded3w.

Mamal Syahrudin Area Service Sparepart Mekar Motor mengatakan, pemilik kendaraan yang salah melakukan pengisian bahan bakar akan membuat motor susah hidup.

Ilustrasi servis di bengkel YamahaDok. YIMM Ilustrasi servis di bengkel Yamaha

“Walaupun motor hidup beberapa menit itu akan terjadi pemuaian pada seal-seal yang ada di dalam mesin atau klep. Agak riskan kalau untuk salah mengisi bahan bakar. Tapi dampak yang paling utama mesin akan susah hidup,” ucap Mamal, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (10/9/2023).

Pria yang pernah bekerja menjadi Kepala Bengkel Yamaha Mekar Motor di area Cibinong melanjutkan, apabila sudah terlanjur salah mengisi bahan bakar, bisa diperbaiki dengan cara menguras tangki BBM, bersihkan injector, sudah bisa membuat mesin kembali hidup.

Baca juga: Sedang Cari Toyota Yaris Lawas, Kenali Penyakitnya

“Semua aliran sistem bahan bakar harus dikuras, harus dibersihkan dengan bensin. Kalau motornya injeksi pompa bensin atau fuel pumpnya dibersihkan juga, tangkinya harus dikuras, injektor dan throttle bodynya juga dibersihkan,” kata Mamal.

“Begitupun dengan motor karburator, harus dibersihkan mulai dari tangki dan filter bensin juga dikuras, kurang lebih seperti itu,” lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com