Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembukaan KTT Ke-43 ASEAN di JCC, Ada Rekayasa Lalu Lintas Hari Ini

Kompas.com - 05/09/2023, 06:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembukaan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (5/9/2023).

Dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), akan ada tujuh agenda yang akan dilaksanakan, mulai dari kedatangan para tamu VVIP dan delegasi, talkshow, sampai ditutup dengan Retreat Session.

Berdasarkan agenda yang diterima redaksi Kompas.com, seremoni pembukaan direncanakan bakal berlangsung sekitar pukul 10.00 WIB.

Baca juga: Ini Dampak Mobil kalau Pakai BBM dengan Oktan Rendah

Sehubungan dengan itu, Kementerian Perhubungan RI bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Senayan. Rekayasa dimaksud, dimulai pada pukul 09.00 WIB alias satu jam sebelum acara dimulai hingga pukul 15.00 WIB.

Termaktub dalam Surat Edaran No: E-0021/SE/2023 tentang Imbauan Pelaksanaan Berkerja di Rumah (Work From Home) Bagi Perusahaan Swasta, BUMN, dan BUMD di Wilayah Pemprov DKI Jakarta, rekayasa lalu lintas guna mengamankan mobilitas masyarakat dan delegasi.

Selain itu juga akan dilakukan rekayasa lalu lintas berupa buka tutup jalur di sejumlah jalan saat delegasi melintas baik ke venue utama KTT ASEAN, ke akomodasi maupun venue lainnya.

Penerapan sistem buka-tutup terjadi pukul 07.45 WIB di Jalan Jenderal Sudirman, depan Jalan Pintu Gelora Bung Karno. Selain itu, rekayasa juga diterapkan di Simpang Susun Semanggi sekitar pukul 08.30 WIB.

Baca juga: Puluhan Bus Listrik Beroperasi selama KTT ASEAN di Jakarta

Rekayasa lalu lintas pada hari pembukaan KTT ASEAN ke-43 di Jakartadok.Kemenhub Rekayasa lalu lintas pada hari pembukaan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta

Lebih rinci, berikut rekayasa dan rute alternatif di sekitar JCC pada hari pertama KTT ke-43 ASEAN hari ini, Selasa (5/9/2023):

- Lalu lintas dari Selatan (Cipete) menuju ke Barat (Slipi) atau Utara (Monas) dapat melalui Jalan Kyai Maja-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Arteri Pondok Indah-berputar di U-turn depan Gandaria City-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar-dan seterusnya.

- Lalu lintas dari Utara (Harmoni) menuju ke Selatan (Blok M) dapat melalui Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Fahrudin- Jalan K.H. Mas Mansyur-Jalan Penjernihan-Jalan Pejompongan-Jalan Tentara Pelajar-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Kyai Maja-Jalan Panglima Polim-dan seterusnya.

- Lalu lintas dari Timur (Tebet) ke Barat (Slipi) dapat melalui Jalan Kapten Tendean-Jalan Wolter Monginsidi-Jalan Trunojoyo-Jalan Kyai Maja-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Arteri Pondok Indah-berputar di U turn depan Gandaria City- Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar-Jalan S.Parman-dan seterusnya.

- Lalu lintas dari Barat (Slipi) menuju ke Timur (Tebet) dapat melalui Jalan S. Parman-Jalan Pejompongan-Jalan Penjernihan-Jalan R.M. Margono-Jalan Galunggung-Jalan Dr. Saharjo-Jalan Prof Dr. Soepomo-Jalan MT. Haryono-dan seterusnya.

*Berlangsung pukul 09.00 WIB - 15.00 WIB

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com