Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagnaia Akui Kurang Suka Format Sprint Race

Kompas.com - 11/07/2023, 12:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP 2023 digelar dengan format baru, yakni adanya sprint race. Tak sedikit pebalap yang kurang menyukai format tersebut, termasuk Francesco Bagnaia.

Juara dunia MotoGP 2022 tersebut mengaku kurang begitu suka dengan format yang baru. Dia lebih memilih untuk balapan dengan format lama, balapan normal dengan jumlah lap yang banyak.

Baca juga: Bagnaia Mengaku Lebih Suka Motor MotoGP Tanpa Winglet

"Ini cukup berbeda dari yang biasa kami lakukan. Jika Anda memulai seri pada Jumat dengan perasaan yang bagus, Anda bisa memiliki akhir pekan yang baik," ujar Bagnaia, dikutip dari Speedweek.com, Selasa (11/7/2023).

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Jerman 2023Dok. @pecco63 Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Jerman 2023

Sebaliknya, menurut Bagnaia, jika memulai suatu seri dengan keraguan, maka hanya ada sedikit waktu untuk melakukan peningkatan.

"Di Jerez, contohnya, kami tidak bisa menyelesaikan setelan pada motor sampai sesi warm up sepuluh menit pada Sabtu," kata Bagnaia.

Baca juga: Francesco Bagnaia Tegas Menolak Ada Team Order di Ducati

"Ini bukan format yang mudah. Sabtu sangat melelahkan, karena Anda memiliki banyak sekali hal yang harus dilakukan. Tapi, pada akhirnya, ini semua tentang beradaptasi dengan format yang baru," ujarnya.

Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) kala beraksi dalam seri MotoGP Belanda 2023 di Sirkuit Assen, Minggu (25/6/2023). (Photo by John THYS / AFP)AFP/JOHN THYS Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) kala beraksi dalam seri MotoGP Belanda 2023 di Sirkuit Assen, Minggu (25/6/2023). (Photo by John THYS / AFP)

Menurut Bagnaia, sprint race bukanlah format yang buruk. Namun, dia lebih memilih untuk memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan balapan di pikiran.

"Saya lebih memilih balapan yang panjang, seperti normalnya. Pada sprint race, Anda balapan dengan gas penuh, Anda tidak perlu mengendalikan apa pun. Saya tidak begitu menyukainya. Saya lebih memilih balapan di mana Anda harus mengatur jarak dan merencanakan strategi Anda," kata Bagnaia.

Meski demikian, dari delapan seri yang sudah berjalan, Bagnaia berhasil meraih tujuh podium dengan tiga kemenangan di antaranya selama sprint race.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com