Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerusakan Transmisi Matik Bisa Lebih Parah karena Telat Penanganan

Kompas.com - 05/07/2023, 10:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pengoperasian mobil transmisi matik memang lebih mudah daripada manual. Namun, penggunanya harus lebih banyak tahu soal perawatan agar dapat mencegah terjadinya pembengkakan biaya perbaikan.

Pengguna mobil matik setidaknya perlu memahami beberapa gejala ketika transmisinya mulai bermasalah. Bila ada perubahan performa yang terasa, itu bisa dijadikan alasan untuk segera ke bengkel.

Pemilik Aha Motor Yogyakarta Hardi Wibowo mengatakan kerusakan transmisi matik bisa menjadi lebih parah karena telat penanganan.

Baca juga: Bawa Mobil Transmisi Matik Tidak Boleh Kasar

Overhaul transmisi matik Toyota Yaris Dicky Aditya Wijaya Overhaul transmisi matik Toyota Yaris

“Telat penanganan ini bisa karena pemilik tidak mengetahui bahwa sudah timbul gejala kerusakan, karena gejala tersebut terasa datang dan pergi, banyak yang menganggap itu normal,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Rabu (5/7/2023).

Hardi mengatakan ketika gejala sedikit tersebut muncul pada mobil matik, seharusnya pengendara segera membawanya ke bengkel.

Artinya, semakin dini transmisi matik mendapatkan perawatan maka peluang terjadinya kerusakan komponen lebih sedikit.

Baca juga: Satu Hal yang Wajib Diketahui Soal Perawatan Mobil Transmisi Matik

Tuas transmisi Daihatsu Ayla ada huruf BKOMPAS.com/STANLY RAVEL Tuas transmisi Daihatsu Ayla ada huruf B

“Sistem pada transmisi mati itu sangat kompleks dan bekerja saling berhubungan, bila ada masalah kecil saja dibiarkan lama-lama akan menyebar,” ucap Hardi.

Hardi mengimbau, agar pengguna mobil transmisi matik tidak berpikir panjang bila mulai terasa gejala penurunan performa. Saat itu juga, sebaiknya melakukan pemeriksaan ke bengkel.

“Pemeriksaan saja, jangan sampai karena takut digetok harga dan sejenisnya membuat pemilik mobil malas ke bengkel, akhirnya menunda-nunda, itu kan malah akan membuat kerusakan semakin parah,” ucap Hardi.

Baca juga: Ini Dampak Telat Ganti Oli Transmisi Matik

Menurut Hardi beberapa kerusakan transmisi matik bisa tertolong dengan tanpa melakukan overhaul atau pembongkaran sehingga akan memangkas biaya perbaikan.

“Ada metode treatment matik, yaitu penambahan zat aditif untuk melunakkan seal, jika belum terlambat transmisi bisa normal kembali dengan biaya lebih terjangkau, asal tidak telat,” ucap Hardi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com